Kisah Mantan Chef Hotel Bintang 5 yang Kini Jualan Nasi Kebuli Pinggir Jalan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 16 Agu 2021 17:00 WIB
Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5
Foto: detikfood

Viral gegara YouTuber

Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5 Foto: detikfood

Meski baru berjalan sekitar dua minggu, Nasi Kebuli Robot sudah punya banyak penggemar. Chef Robot tak menampik ini lantaran usaha kulinernya diulas oleh YouTuber Anak Kuliner.

"Sebenarnya ini juga tidak dipromosikan, saya nggak nyangka. Saya nggak ngundang ini (YouTuber), tapi tiba-tiba datang," katanya. Namun chef Robot mengatakan sebelumnya sudah mengenal Felix, sosok di balik akun YouTube Anak Kuliner.

Chef Robot merupakan rekan bisnis kuliner Anak Kuliner. "Kita buka Pasta Bomb. Dulu di Jakarta ada tiga, Bogor satu sama Medan dua. Itu tahun 2020. Pas pandemi langsung kehantam," tuturnya.

Untuk penjualan nasi kebulinya, chef Robot mengatakan kenaikannya drastis. Ia menuturkan, "Alhamdulillah, peminatnya luar biasa. Seminggu pertama 30-50 porsi. Masuk minggu kedua itu, kita udah naik paling banyak itu 200 porsi."

Hadiah franchise untuk yang terdampak pandemi

Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5Nasi Kebuli Robot: Sedapnya Nasi Kebuli Rp 10 Ribu Buatan Mantan Chef Hotel Bintang 5 Foto: detikfood

Ke depannya, chef Robot ingin membuka peluang franchise Nasi Kebuli Robot. Ia bahkan ingin menghadiahi lima orang franchise usaha nasi kebuli miliknya.

"Untuk orang-orang yang kena PHK dan mau bangun usaha dari awal. Lokasinya saya targetin di Jabodetabek dulu. Tapi kalaupun ada yang bener-bener mau di luar Jabodetabek, kenapa ngga?" ujarnya.

Sistemnya adalah pemilik franchise tinggal masak nasi kebuli dan sambal saja. Bahan baku dan lauk-pauk nasi kebuli nantinya diberikan dari pihak chef Robot.

"Realisasinya mudah-mudahan tahun ini. Saya lagi bangun sistemnya dulu," katanya. Ia juga berencana membangun dapur pusat di Malang mengingat dirinya sudah menemukan investor dan rekan bisnis yang tepat.

Lalu untuk menu selain nasi kebuli, chef Robot tengah mengembangkan beberapa varian minuman segar. Ada teh rosella, teh bunga telang, minuman kurma plus susu, hingga chai tea.



Simak Video "Resep Nasi Kebuli Ayam"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)