Selamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcom

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 10 Agu 2021 12:15 WIB
Selamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcom Foto: Instagram addictroom79
Jakarta -

Setelah menyaring ribuan pendaftar bisnis makanan rumahan yang tertarik dipromosikan detikcom, lima bisnis ini terpilih sebagai pemenang. Siapa saja mereka?

Awal Juli 2021, detikcom mengadakan program Bantu Bisnis Rumahan sebagai upaya menyemangati para pemilik bisnis makanan rumahan yang terdampak pandemi Covid-19. detikcom bakal bantu mempromosikan produk mereka kepada para pembaca.

Kami telah menerima ribuan pendaftar, namun hanya ada lima yang berhasil terpilih. Lima bisnis makanan rumahan ini memenuhi kriteria penilaian tim detikcom dari segi keunikan produk hingga harganya yang sepadan.

Berikut kelima bisnis makanan rumahan yang terpilih dalam program Bantu Bisnis Rumahan detikcom:

1. Ayam Gapit Khas Lumajang

Selamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcomSelamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcom Foto: Instagram ayamgapit

Ayam Gapit Khas Lumajang dirintis oleh Ganda Rizkiyanto di Surabaya. Ia menggunakan resep kuno sejak 1928 dalam meracik ayam panggang ini. Harga produknya terjangkau, Rp 25 ribu per kemasan.

Produknya bisa dilihat di akun Instagram @ayamgapit. Ganda sendiri memiliki latar belakang profesi yang menarik. Sebelumnya ia berkecimpung di dunia fashion dengan memproduksi tas kulit, namun ia 'terpaksa' beralih ke dunia kuliner akibat pandemi Covid-19.

2. Bababanana

Selamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcomSelamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcom Foto: Instagram addictroom79

Keripik pisang dikreasikan menjadi camilan menarik oleh Bababanana. Melalui akun Instagram @addictroom79, pemiliknya yaitu Leli Damayanti mempromosikan produk kuliner ini.

Ia mengunggulkan Keripik Pisang Gulung Madu yang renyah manis dan bikin ketagihan. Harga produk ini terjangkau, Rp 15 ribu saja. Diproduksi di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, keripik pisang ini bisa dikirim ke banyak kota.

3. Kacang Kopi Brindil

Selamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcomSelamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcom Foto: Instagram kacangkopi_brindil

Mully Mulyawati merintis usaha camilan kacang unik yang diberi nama Kacang Kopi Brindil. Ia menggunakan resep camilan keluarganya yang terinspirasi dari minuman favorit sang anak, kopi.

Mully menyebut kacangnya adalah alternatif baru dalam menikmati kopi. Kacang Kopi Brindil dijual Rp 40.000 per kemasan ukuran 200 gram.

4. Oseng Daging Jahanam

Selamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcomSelamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcom Foto: Instagram betafoodid

Produk makanan praktis semakin diminati usai orang-orang alami hambatan beraktivitas akibat pandemi Covid-19. Hal ini menginspirasi Beta Food untuk mengeluarkan produk Oseng Daging Jahanam yang pedas nikmat.

Makanan ini bisa langsung dipanaskan dan dinikmati. Harganya juga relatif terjangkau, yaitu Rp 55.000 per 250 gram. Pemilik bisnis ini, Faishan Rachman Firdaus baru merintisnya sejak Mei 2021. Ia berharap produknya bisa disukai banyak orang.

5. Ronde Wedang Jahe

Selamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcomSelamat! 5 Bisnis Makanan Rumahan Ini Bakal Dipromosikan detikcom Foto: Instagram eatup_31

Menikmati minuman tradisional nikmat, wedang ronde tidak perlu ribet. Kini ada produk wedang ronde frozen seperti yang ditawarkan Rostina Karjadi melalui produknya, Ronde Wedang Jahe (Frozen).

Ia baru memulai bisnis ini pada tahun 2020. Rostina mengakui terdampak pandemi Covid-19 hingga ia dan kakaknya memutuskan bisnis wedang ronde. Dengan harga Rp 32.000, kamu bisa menikmati wedang ronde kapanpun dan dimanapun.

Nah, seluruh pemenang program Bantu Bisnis Rumahan ini juga berhasil mendapat hadiah voucher adsmart masing-masing Rp 1 juta! Untuk langkah selanjutnya, pihak detikcom akan menghubungi tiap pemenang. Selamat ya!



Simak Video "Makanan Siap Masak dan Siap Makan Jadi Tren di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com