Kraft Heinz Foodservice Gelar Webinar untuk Pengembangan UMKM Kuliner

Inkana Putri - detikFood Kamis, 05 Agu 2021 17:51 WIB
kraft heinz food service Foto: Angga Laraspati
Jakarta -

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia, termasuk saat pandemi. Namun, pandemi nampaknya memberi dampak yang cukup besar bagi keberlangsungan beberapa UMKM.

Dari sekian banyak sektor UMKM, kuliner menjadi salah satu yang mampu bertahan selama pandemi. Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) pun memastikan para pelaku UMKM kuliner akan tetap mampu menjalankan usahanya. Sederet usaha pun dilakukan Kemenkop UKM dalam menggenjot UMKM mulai dari transformasi ke ranah digital, penyaluran KUR hingga peningkatan daya saing.

Merespons hal ini, Kraft Heinz Food Service ikut mendukung upaya pemerintah dalam mendorong perkembangan UMKM kuliner di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan webinar 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' bersama detikcom.

"Melalui webinar ini, Kraft Heinz Food Service sebagai partner pelaku bisnis kuliner, ingin menyediakan wadah berbagi pengalaman dan pengetahuan khususnya untuk UMKM kuliner agar bisa maju dan berkembang di masa pandemi ini." ujar Managing Director Kraft Heinz Indonesia & PNG, Steven Debrabandere (5/8/2021)


Webinar ini merupakan bentuk nyata komitmen Kraft Heinz Food Service untuk memajukan UMKM kuliner di Indonesia. Dalam Webinar ini, Kraft Heinz Food Service bekerja sama dengan berbagai ahli di bidang kuliner, seperti Nilam Sari, CEO Baba Rafi Indonesia, Founder & Owner Bittersweet by Najla, Najla Bisyir; Owner Waroeng Steak & Shake, Jody Broto Suseno; Cynthia Chaerunisa, Co-Founder Kopi Kenangan, serta Professional Chef, Martin Praja.

Para ahli ini akan berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar cara mengembangkan bisnis kuliner, khususnya selama pandemi.

Steven menambahkan, untuk mendorong digitalisasi bagi UMKM kuliner, Kraft Heinz Foodservice juga mengajak Digital Marketing Expert, Niko Julius untuk berbagai ilmu seputar pembuatan konten sosial media dan pemasaran produk secara digital. Hal ini juga sejalan dengan upaya Kemenkop UKM yang menargetkan 30 juta UMKM go digital hingga tahun 2024.

Webinar ini pun turut mendapatkan respons positif dari para UMKM kuliner. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta pada webinar pertama pada 29 Juli lalu yang mencapai 26.000. Adapun jumlah tersebut terdiri dari berbagai UMKM kuliner di Indonesia.


Selain berbagi ilmu dan pengalaman, Kraft Heinz Food Institute juga memberikan kesempatan bagi UMKM peserta webinar terpilih dengan bisnis dan prospek paling potensial untuk mempromosikan bisnis kulinernya melalui detikcom.

Ada juga tambahan modal senilai Rp 30 juta rupiah bagi para UMKM kuliner untuk mengembangkan bisnisnya. Sementara itu, bagi 10 UMKM terpilih juga akan berkesempatan mengikuti sesi pelatihan eksklusif dan kelas memasak dari Ultra Indonesia dan ACP Indonesia.

Melalui webinar ini, Steven berharap pelaku UMKM dapat mendapat pengetahuan untuk mengembangkan bisnisnya di tengah pandemi. Dengan demikian, bisnis kuliner di Indonesia dapat terus berkembang lebih baik.

"Dengan adanya webinar ini, kami berharap para pelaku bisnis kuliner dan masyarakat luas yang tertarik terjun di bisnis kuliner dapat berkembang dan bergerak maju secara bersama-sama untuk menuju Indonesia yang lebih baik," pungkas Steven menutup pembicaraan.



Simak Video "Cerita Aurelie Moeremans Terjun ke Bisnis Kuliner "
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com