Camilan sultan

Tempe Kacang Almond Dijual Rp 50 Ribu, Begini Rasanya!

Riska Fitria - detikFood Minggu, 01 Agu 2021 09:30 WIB
Sultan! Tempe Ini Terbuat dari Kacang Almond Harga Rp 50 Ribu Foto: detikcom/Riska Fitria
FOKUS BERITA Camilan Sultan
Jakarta -

Bukan terbuat dari kacang kedelai, tempe yang satu ini berbahan kacang almond. Harga per papannya dibanderol Rp 50.000, seperti apa ya rasanya?

Tempe dikenal sebagai makanan rakyat kelas bawah. Namun di balik itu, tempe merupakan makanan yang kaya nutrisi. Makanan yang umumnya berbahan kacang kedelai ini biasanya dijual dengan harga murah di pasaran.

Harga per papan biasanya hanya sekitar Rp 5.000-an saja. Namun, berbeda dengan tempe buatan Tia Wongso. Pasalnya tempe buatannya tersebut dibuat dari kacang almond yang membuatnya mewah.

Baca Juga: Tempe Akan Didaftarkan Jadi Warisan Budaya UNESCO, Ini Komentar Indonesia Tempe Movement

Sultan! Tempe Ini Terbuat dari Kacang Almond Harga Rp 50 RibuSultan! Tempe Ini Terbuat dari Kacang Almond Harga Rp 50 Ribu Foto: detikcom/Riska Fitria

Kepada detikcom (29/07) putri dari William Wongso tersebut mengatakan bahwa awalnya ia tak sengaja membuat tempe almond. Ia terinspirasi dari temannya yang saat itu juga membuat tempe almond.

"Awalnya itu gak sengaja, karena waktu itu ada temen bikin tempe almond. Cuma waktu itu kulit kacang almondnya gak dibuang, jadi masih ada coklat-coklatnya gitu," ujar Tia Wongso.

Lebih lanjut, Tia Wongso juga menjelaskan bahwa sebenarnya yang membuat tempe almond itu adalah sang ibu. Ibunya tersebut memang piawai membuat tempe berbahan kacang kedelai sejak tahun 2018.

Sultan! Tempe Ini Terbuat dari Kacang Almond Harga Rp 50 RibuSultan! Tempe Ini Terbuat dari Kacang Almond Harga Rp 50 Ribu Foto: detikcom/Riska Fitria

Kemudian, mereka pun mencoba membuat tempe almond tersebut tetapi kulitnya dibuang jadi terlihat putih bersih. Awalnya tempe almond tersebut sengaja dibuat hanya untuk dinikmati sendiri.

Namun siapa sangka, saat Tia Wongso mengunggah foto tempe almond ke media sosial langsung viral dan menarik perhatian banyak orang. Dari itulah banyak dari temannya yang tertarik memesan tempe almond dengannya.

Tempe almond itu kemudian diberi nama 'Tempe Tante Loes'. Nama 'Tante Loes' sendiri diambil dari nama sang ibu, Lucy. Tempe almond itu kemudian dibanderol dengan harga Rp 50 ribu per papan dengan berat 100 gram.

Sultan! Tempe Ini Terbuat dari Kacang Almond Harga Rp 50 RibuSultan! Tempe Ini Terbuat dari Kacang Almond Harga Rp 50 Ribu Foto: detikcom/Riska Fitria

DetikFood pun penasaran dan mencicipi tempe almond buatan ibunda Tia Wongso. Penampilannya sedikit berbeda dengan tempat yang terbuat dari kacang kedelai. Itu karena buliran-buliran kacang almond yang jauh lebih besar.

Tempe almond ini juga aman dikonsumsi langsung alias mentah. Teksturnya lebih renyah karena buliran kacang almondnya lebih menonjol, sehingga memberikan sensasi 'kletes-kletes' saat dimakan.

Rasa almondnya pun terasa gurih. Begitupun saat digoreng, renyah diluar tetapi di bagian dalamnya lebih lembut. Hal ini berbeda dengan tempat yang terbuat dari kacang kedelai yang lebih empuk di bagian luarnya. Bagaimana? Tertarik coba tempe almond?

Baca Juga: Makan Tempe Terbukti Perkuat Imun Tubuh dan Perkecil Risiko Terpapar COVID-19



Simak Video "Selain Kedelai, Tempe Juga Bisa Dibuat dari Beragam Biji-bijian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Camilan Sultan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com