Gadget Dapur Kekinian

Bikin Mie Sendiri Pakai Cetakan Rp 29.900, Begini Prosesnya

Riska Fitria - detikFood Minggu, 25 Jul 2021 14:00 WIB
Bikin Mie Sendiri Pakai Cetakan Rp 29.900, Apa Efektif? Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Sekarang kamu bisa membuat mie segar sendiri di rumah. Cukup menggunakan cetakan praktis seharga Rp 29.900. Begini proses pembuatannya.

Hidangan mie agaknya tidak pernah membosankan untuk dijadikan makanan sehari-sehari. Apalagi mie juga dapat dikreasikan dengan berbagai varian, ada mie goreng, mie kuah, mie ayam hingga mie nyemek.

Biasanya hidangan mie dapat dibeli di warung makan atau restoran-restoran. Atau jika ingin yang praktis mie instan sering menjadi andalan banyak orang. Namun, kamu juga bisa membuat adonan mie sendiri di rumah.

Baca Juga: Viral Resep Mie Kuah Cheetos Keju Super Creamy, Enak Nggak Ya?

Bikin Mie Sendiri Pakai Cetakan Rp 29.900, Apa Efektif?Bikin Mie Sendiri Pakai Cetakan Rp 29.900, Apa Efektif? Foto: detikcom/Riska Fitria

Ada banyak manfaat dengan membuat mie secara homemade, yakni kamu dapat mematikan kebersihannya sendiri. Untuk membuat adonan mie, diperlukan alat cetakan agar adonan berbentuk memanjang.

Alat pencetak mie tersebut dapat kamu beli di e-commerce dengan harga yang terbilang terjangkau. DetikFood pun menemukan di salah satu toko yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur.

Harganya dibanderol Rp 29.900. Alat pencetak mie tersebut berbentuk tabung dengan lubang di sisi atas dan bawah. Sisi atas terdapat alat spiral untuk menekan adonan mie.

Bikin Mie Sendiri Pakai Cetakan Rp 29.900, Apa Efektif?Bikin Mie Sendiri Pakai Cetakan Rp 29.900, Apa Efektif? Foto: detikcom/Riska Fitria

Sementara di sisi samping terdapat gagang untuk memegang alat. Untuk isi bawah adalah bagian untuk menaruh cetakan mienya. kami dapat dua bentuk cetakan, yakni yang berbentuk bulat dan yang berbentuk persegi pipih.

Alat pencetak mie tersebut sangat ringan dengan material yang terbuat dari bahan plastik. Menurut kami, cara menggunakan alat pencetak mie sangat mudah.

Pertama, kamu harus menyiapkan adonan mienya. Kami pun menyiapkan tepung terigu, dua butir telur, garam, air, dan tepung tapioka untuk adonan.

Setelah dicampur dan diuleni, adonan dapat dicetak dengan alat tersebut. Caranya yakni dengan memasukkan sedikit demi sedikit adonan ke dalam tabung.

Bikin Mie Sendiri Pakai Cetakan Rp 29.900, Apa Efektif?Bikin Mie Sendiri Pakai Cetakan Rp 29.900, Apa Efektif? Foto: detikcom/Riska Fitria

Lalu, putar spiral dari atas, nanti adonan mie akan keluar sesuai bentuk cetakan. Namun, menurut kamu, dua bentuk cetakan mienya menghasilkan bentuk mie yang terlalu besar.

Untuk proses menekannya sendiri juga terbilang mudah. Namun, jika terlalu banyak memasukkan adonan maka akan semakin berat spiral diputar.

Jadi, tipsnya adalah memasukkan adonan sedikit demi sedikit. Meskipun nanti hasil mienya menjadi lebih pendek.

Baca Juga: 5 Kreasi Indomie Viral di TikTok, Pakai Kuah Sprite hingga Mayones



Simak Video "Bikin Laper: Terkenalnya Bakso Theresia yang Autentik"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com