Bisnis Kuliner Makin Laris dengan Ide Menu Menarik, Cari Tahu di Sini!

Jihaan Khoirunnisaa - detikFood Jumat, 16 Jul 2021 17:55 WIB
Bisnis kuliner online Foto: shutterstock
Jakarta -

Sebagai salah satu pilar utama dalam menggerakkan roda perekonomian negara, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mampu membuktikan ketahanannya ketika terjadi krisis akibat pandemi COVID-19. Di saat bisnis lainnya gulung tikar, namun sejumlah UMKM khususnya yang bergerak di sektor kuliner masih tegak berdiri bahkan semakin bergeliat.

Hal ini karena bisnis yang sifatnya kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman dinilai akan tetap dicari konsumen. Apalagi makanan dan minuman yang bisa dipesan melalui layanan online dari rumah, baik menggunakan aplikasi maupun layanan siap antar dari penjual secara mandiri.

Oleh karena itu tidak heran apabila di masa pandemi orang-orang justru berlomba membuka bisnis kuliner sendiri untuk menambah pemasakan. Meski punya potensi besar, perlu diingat dalam memulai usaha kuliner terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan supaya bisnis berjalan lancar. Salah satunya inovasi produk.

Ya, sebelum terjun ke pasaran, pastikan dulu Anda membuat inovasi produk agar pembeli tertarik. Tak hanya asal memasak, produk kuliner haruslah memiliki ciri khas serta keunggulan. Tujuannya agar tidak mudah ditiru oleh kompetitor.

Namun, tidak bisa dipungkiri jika membuat sebuah menu yang unik dan berbeda bukanlah perkara yang mudah. Oleh karena itu, yuk cari tahu caranya dalam webinar 'KEMBANGKAN BISNIS KULINERMU' persembahan Kraft Heinz Food Service dan detikcom.

Acara ini akan mengundang para ahli di bidang pengolahan makanan, yakni Chef Martin Praja. Selain menjadi seorang Professional Chef, Martin Praja juga merupakan food entrepreneur dan memiliki bisnis kulinernya sendiri. Chef Martin akan membagikan pengalamannya dalam menggali ide dan menuangkannya ke dalam menu di restoran. Dia juga akan membeberkan rahasia menciptakan menu yang berkualitas namun dengan pengaturan keuangan yang tetap stabil di awal merintis bisnis.

Selain Chef Martin, ada pula pembicara lainnya yang turut meramaikan rangkaian webinar I dengan topik 'Tips Membangun Franchise/ Jaringan Reseller Bisnis Kuliner dan Menciptakan Inovasi Baru yang Tidak Mudah Ditiru', antara lain Owner dan CEO Baba Rafi Indonesia, Nilamsari, dan Owner Waroeng Steak & Shake, Jody Broto Suseno.

Ada pula demo masak dari Chef Eko Wahyono Nugroho. Dijamin seru banget! Webinar ini bisa ditonton melalui streaming di detikcom pada 29 Juli 2021 pukul 13.00-16.00 WIB. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan rangkaian webinar kedua di tanggal 5 Agustus 2021 dengan mengambil topik 'Strategi Bertahan di masa Pandemi dan Adaptasi Melalui Digital Platform Agar Bisnis Dapat Berkembang'. Jadi buruan daftar sekarang!

Apalagi 10 pelaku bisnis terpilih akan mendapatkan pelatihan eksklusif dari Ultra Indonesia, Association of Culinary Professionals (ACP) Indonesia, serta Academy of Pastry and Culinary Arts (APCA) Indonesia. Selain pelatihan, UMKM yang beruntung juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa promosi melalui artikel di detikcom dan tambahan modal usaha hingga Rp 30 juta.

Kunjungi laman ini untuk registrasi dan mencari tahu informasi lainnya seputar bisnis kuliner. Atau mengisi formulir di bawah ini.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com