Dari Kantin Kampus, Susu Mbok Darmi Punya 36 Outlet & 130 Karyawan

Alfi Kholisdinuka - detikFood Selasa, 06 Jul 2021 21:30 WIB
Susu Mbok Darmi Foto: istimewa
Jakarta -

Industri minuman kekinian di Indonesia yang booming dalam beberapa tahun terakhir umumnya menawarkan jenis minuman berbahan dasar kopi atau teh. Namun, siapa sangka tren minuman berbahan susu pasteurisasi juga ikut moroket seiring dengan banyak peminatnya.

Hal ini dialami oleh Pemilik Usaha asal Bogor Dhony Pratama (27). Bisnis berbahan dasar susu miliknya yang diberi nama Susu Mbok Darmi kini berkembang pesat. Dari hanya satu outlet di kantin kampus IPB, kini menjadi 36 outlet hingga membuka lapangan pekerjaan bagi 130 karyawan. Begini kisahnya.

Kala itu, Dhony berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor. Ia melihat adanya peluang besar bisnis susu dari ilmu peternakan yang dipelajari. Sehingga ia memutuskan untuk merintis usaha Susu Mbok Darmi pada tahun 2013 untuk menambah uang jajan saat kuliah.

"Saat pertama memulai, saya ingin produk yang kami tawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat. Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi seperti kantin kampus di mana target pasarnya sudah terbentuk yaitu mahasiswa," kata Dhony dalam keterangannya, Selasa (6/7/2021).

Dia menuturkan ketika banyak minuman memilih nama kebarat-baratan, ia lebih memilih nama lokal 'Mbok Darmi' sebagai merek dengan slogan yang nyeleneh 'Sehatkan Tubuhmu dengan Susuku'. Menurutnya, nama tersebut dipilih karena terdengar sederhana dan familiar di kalangan masyarakat.

"Kombinasi dua hal itu berkontribusi (besar) pada pesatnya kenaikan popularitas Susu Mbok Darmi di awal kemunculannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan di awal kemunculan Susu Mbok Darmi, layanan pembayaran digital belum sepopuler sekarang. Namun, seiring meningginya adopsi layanan digital oleh masyarakat Indonesia, Susu Mbok Darmi juga melakukan digitalisasi bisnis hingga membuat penjualannya meningkat.

Sejak Januari 2020, kata dia, Susu Mbok Darmi bisa dibeli menggunakan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay. Ia menyebut layanan digital tersebut turut menopang bisnisnya, terlebih saat adanya berbagai kampanye pada marketplace tersebut.

"Penjualan kami bisa meroket hingga 36% saat mengikuti kampanye tanggal cantik dari ShopeePay. Konsumen yang umumnya membeli satu minuman jadi membeli lebih banyak, berkat promo tanggal cantik yang diberikan ShopeePay dan juga paket bundling yang kami tawarkan," cerita Dhony.

Selain itu, kata Dhony, untuk mempertahankan kualitas produk dan pelayanan prima, kualitas Susu Mbok Darmi dijaga ketat dengan quality control berlapis yang dilakukan setiap harinya. Dhony juga memperlakukan karyawannya seperti keluarga sehingga mereka pun bisa berlaku ramah terhadap konsumen.

Secara pribadi, Dhony juga terus belajar dengan mengikuti pelatihan-pelatihan entrepreneurship dan belajar dari sosok-sosok sukses lainnya. Hal itu dilakukannya agar bisnis yang rintis tersebut bisa terus bertahan dan semakin besar.

Sebagai informasi, bulan ini Dhony menuturkan kembali berpartisipasi pada kampanye tanggal cantik ShopeePay 7.7 Juli Cashback Meriah. Pada kampanye tersebut, produk Susu Mbok Darmi dan ratusan merchant lainnya bisa didapatkan dengan lebih hemat berkat adanya promo-promo seperti Voucher Cashback 100% seharga Rp 100 dan Flash Sale Rp 7. Pada promo puncak yang berlangsung 7 Juli, Voucher Cashback dapat dibeli hanya dengan Rp 1.

(ega/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com