Menikmati Sunset Ubud yang Cantik di Ambar Ditemani Cocktail 'Wantilan'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 23 Apr 2021 16:30 WIB
Menikmati Sunset Ubud yang Cantik di Ambar Ditemani Cocktail ‘Wantilan’ Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO
Ubud -

Kalau mau menikmati pemandangan sunset cantik di Ubud, Ambar di Mandapa Reserve bisa jadi pilihan. Tersedia ragam cocktail dan tapas khas Meksiko dan Peru di sini.

Jalan-jalan ke Ubud, Bali terasa tidak lengkap tanpa menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset). Apalagi Ubud menghadirkan suasana alam yang asri dengan sawah, gunung, dan hutan di sekelilingnya.

Salah satu spot Instagramable sekaligus baru untuk menikmati sunset adalah Ambar at Mandapa. Bar ini berlokasi di dalam kawasan Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve di Jalan Raya Kedewatan.

Ambar yang berarti 'langit' dalam bahasa Sansekerta ini menawarkan pemandangan hutan yang asri dari ketinggian. Terdapat area bersantap di dalam dan luar ruangan yang cocok untuk bersantai.

Tapas sebelum menikmati makan malam

Menikmati Sunset Ubud yang Cantik di Ambar Ditemani Cocktail 'Wantilan'Menikmati Sunset Ubud yang Cantik di Ambar Ditemani Cocktail 'Wantilan' Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

Kepada detikfood (1/4), Bayu Retno Timur selaku Executive Chef di Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve mengatakan, "Ambar itu sendiri artinya langit. Konsep full-nya adalah bar. Dan kita ada cocktail yang kita sajikan di sore hari."

Penyajian cocktail ini merupakan 'pengantar' sebelum tamu menikmati makan malam. "Jadi seperti pre-dinner. Dan kita ada ragam tapas di sini," lanjut chef Bayu.

Beragam makanan kecil khas Meksiko dan Peru tersaji di Ambar. Menu ini dirasa chef Bayu pas untuk melengkapi segelas cocktail yang menyegarkan.

"Makanan Meksiko kan banyak yang mentah dan segar. Kita kombinasikan dengan itu, jadi pairing (cocktailnya) dapet," tutur chef ramah ini.

Cocktail 'Wantilan' jadi andalan

Menikmati Sunset Ubud yang Cantik di Ambar Ditemani Cocktail 'Wantilan'Menikmati Sunset Ubud yang Cantik di Ambar Ditemani Cocktail 'Wantilan' Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

Salah satu cocktail andalan di Ambar adalah Wantilan. Inspirasinya dari wantilan (banjar di Bali) yang merupakan tempat berkumpulnya orang-orang untuk bermusyawarah.

Wantilan terbuat dari spirit alkohol vodka dengan paduan bahan lokal seperti daun kemangi, sereh, dan jus markisa. Rasanya segar dan menghadirkan cita rasa herba yang khas.

Cocktail ini juga ditambahkan jus lemon dan sirup gula untuk menyeimbangkan rasanya. Semakin unik karena cocktail wantilan disajikan di gelas bambu handmade yang desainnya berupa ukiran barong.

Pemilihan elemen bambu dan barong bukan tanpa alasan. Pasalnya Ubud identik dengan alam dan barong dalam budaya Bali menunjukkan 'good spirit'.

Cocktail wantilan juga bisa dikreasikan sesuai selera pengunjung. Vodka bisa diganti gin, rum, atau minuman alkohol lain sesuai selera. Harganya Rp210.000++ per gelas.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com