Sore Ini Bisa Berbuka dengan Nasi Tutug Oncom dan Pepes Salmon

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 19 Apr 2021 18:30 WIB
Nasi Tutug Oncom dan Pepes Salmon Istimewa Buat Buka Puasa di Sini Foto: detikfood/Four Seasons Jakarta
Jakarta -

Kalau mau buka puasa istimewa, restoran Palm Court di hotel bintang lima ini bisa jadi pilihan. Menu buka puasanya lengkap, dari takjil hingga hidangan tradisional sebagai menu utama.

Menu tradisional Indonesia selalu jadi favorit untuk berbuka puasa. Cita rasanya yang sederhana, klasik, namun lezat bisa membuat momen buka puasa lebih istimewa.

Apalagi menu-menu tradisional dari berbagai daerah Indonesia jumlahnya sangat banyak. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia punya kekayaan kuliner tradisional yang tak terhitung nilainya.

Terinspirasi dari hal ini, tiga chef hotel Four Seasons Jakarta menyuguhkan menu tradisional Indonesia sebagai menu buka puasa di restoran Palm Court.

Nasi Tutug Oncom dan Pepes Salmon Istimewa Buat Buka Puasa di SiniNasi Tutug Oncom dan Pepes Salmon Istimewa Buat Buka Puasa di Sini Foto: Four Seasons Jakarta

Ketiga chef tersebut adalah Tri Prayitno, Darius Tjahja, dan Asep Hamdani. Mereka 'membawa' menu tradisional dari daerah asal masing-masing untuk disajikan kepada para tamu.

Menu ketiga chef ini akan ditampilkan secara bergiliran. detikfood (15/4) berkesempatan mencicipi kreasi Chef de Cuisine Four Seasons Hotel Jakarta, Asep Hamdani yang berasal dari Jawa Barat.

Ia mengusung 7 menu andalan seperti nasi tutug oncom, pepes salmon, ayam bakar Pasundan, tumis labu siam, perkedel kentang daging, serta ikan asin balado dan pete. Juga menu khas daerah lain seperti tongseng kambing dan sate lilit.

Baca Juga: 5 Restoran Timur Tengah Ini Cocok Buat Tempat Buka Puasa Bersama

"Saya ambil (inspirasi menu) dari daerah Jawa Barat dan daerah dari orang-orang terdekat saya. Menu-menu ini diaplikasikan terutama di hot buffet," katanya. Semuanya diracik menggunakan bumbu autentik, namun dipadukan dengan bahan premium.

Nasi Tutug Oncom dan Pepes Salmon Istimewa Buat Buka Puasa di SiniNasi Tutug Oncom dan Pepes Salmon Istimewa Buat Buka Puasa di Sini Foto: detikfood

Untuk nasi tutug oncom, chef Asep menggunakan oncom merah yang difermentasi dari kacang tanah. Lalu untuk pepes, chef Asep sengaja memadukannya dengan ikan salmon agar lebih istimewa.

"Ikan untuk pepes nggak selalu pakai ikan gurame, nila, atau mas. Enak juga pakai salmon, karena pada dasarnya pepes dimanapun bumbunya sama, terlepas dari ikannya apa," kata chef Asep.

Dari deretan menu pelengkap, garang asem di Palm Court juga layak dicicipi. Chef Asep membuatnya dari US Beef Ribs sehingga teksturnya sangat empuk. Pelengkapnya potongan belimbing wuluh dan tomat hijau yang asam menyegarkan.

Nasi Tutug Oncom dan Pepes Salmon Istimewa Buat Buka Puasa di SiniNasi Tutug Oncom dan Pepes Salmon Istimewa Buat Buka Puasa di Sini Foto: detikfood

"Tetap dengan metode slow cooking (masaknya) biar sari-sari dari tulang iganya itu keluar. Kuah kaldunya juga jadi kaya rasa," kata chef Asep soal garang asem.

Sebelum memasuki menu utama, tamu juga bisa mencicipi aneka takjil manis dan gurih di sini. Ada kolak pisang dan labu istimewa, gorengan, hingga ragam kue tradisional Indonesia seperti kue mangkok, getuk, dan lapis legit.

Kemudian sebagai pembilas dahaga, coba es Bandung dengan paduan gelato. "Es Bandung perpaduan antara es goyobod dan es oyen. Isiannya ada alpukat, biji mutiara, kelapa muda, cincau, kolang-kaling. Biasanya pakai es serut, ini diganti gelato," kata chef Asep.

Berbuka puasa dengan menu istimewa di Palm Court ini dihargai Rp558.000 nett per orang. Paket ini tersedia mulai dari pukul 17.30 sampai 21.00 WIB. Informasi dan reservasi bisa melalui WhatsApp 021 2277 1888.

Nasi Tutug Oncom dan Pepes Salmon Istimewa Buat Buka Puasa di SiniNasi Tutug Oncom dan Pepes Salmon Istimewa Buat Buka Puasa di Sini Foto: Four Seasons Jakarta

Selain menu buffet di Palm Court, Four Seasons Jakarta juga menawarkan paket Iftar 2 Go untuk dibawa pulang. Harganya Rp328.000++. Menunya dikurasi oleh chef Darius Tjahja.

Beberapa pilihannya adalah empal gepuk, udang bakar Gili Trawangan, iga bakar saus konro, dan ayam sereh limo. Tersedia juga kurma, sambal, dan dessert dalam paket ini. Pemesanan bisa melalui nomor WhatsApp yang sama.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Es Campur yang Manis Legit untuk Buka Puasa

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com