Enak Nian! Gulai Tepek Ikan Khas Jambi yang Kenyal Gurih

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 29 Mar 2021 11:30 WIB
gulai tepek ikan, makanan khas Jambi yang rasanya lezat. Foto: dok. ILUNI UI Jambi/iStock
Jakarta -

Indonesia memiliki beragam makanan khas yang rasanya lezat. Salah satunya gulai tepek ikan dari Jambi yang bercita rasa gurih dan teksturnya kenyal.

Provinsi Jambi berada di bagian tengah Sumatera yang berdekatan dengan Sumatera Selatan dan Barat. Oleh karenanya, makanan khas Jambi memiliki banyak kemiripan dengan dua provinsi tersebut.

Ada salah satu makanan khas Jambi yang paduan cita rasanya mirip dengan kuliner Sumatera Selatan dan Barat. Namanya gulai tepek ikan yang teksturnya mirip pempek khas Palembang, namun disajikan dengan kuah gulai yang kental gurih dan rasa rempahnya kuat seperti khas Sumatera Barat.

Lewat webinar bersama ILUNI UI Jambi yang bertajuk 'Festival Kuliner Nusantara-Jambi' (27/3), diketahui kalau gulai tepek ikan ini biasa dihidangkan pada acara pernikahan, kenduri, dan acara adat lainnya.

Salah satu narasumber pada webinar itu juga menjelaskan bagaimana cara memasaknya. Ia juga menyebutkan beragam bahan yang diperlukan.

Baca Juga: Jajan Getuk Singkong yang Empuk Legit di Pasar Legi Kotagede

Untuk membuat tepek ikannya diperlukan bahan ikan kakap cincang, tepung tapioka, dan garam. Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu hingga menghasilkan adonan yang mirip pempek.

gulai tepek ikan, makanan khas Jambi yang rasanya lezat.gulai tepek ikan, makanan khas Jambi yang rasanya lezat. Foto: dok. ILUNI UI Jambi/iStock

Dinamakan 'tepek' karena proses pembuatannya 'ditepek-tepek' atau dipipihkan. Kemudian, adonan ikan ini harus direbus terlebih dahulu sampai matang. Setelah itu, tepek ikan harus didinginkan dan barulah dipotong sesuai selera untuk dicampurkan ke dalam kuah gulai.

Kuah gulai pada hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan agak asam, karena diberi campuran nanas. Bumbu lainnya yang harus dihaluskan berupa bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, kunyit, dan jahe. Ada juga bumbu pelengkap seperti lengkuas, adas manis, serai, dan penyedap rasa.

Jika semua bumbu halusnya telah siap, tumis bersama sedikit minyak hingga keluar minyak dan tercium aroma harum. Panaskan juga santan kental dengan sedikit air dan masukkan bumbu halus tersebut.

gulai tepek ikan, makanan khas Jambi yang rasanya lezat.gulai tepek ikan, makanan khas Jambi yang rasanya lezat. Foto: dok. ILUNI UI Jambi/iStock

Santan harus terus diaduk agar tidak pecah. Setelah itu, masukkan potongan tepek ikan ke dalam kuah gulai bersama nanas, gula, gara, dan penyedap rasa sesuai selera.

Masak hingga matang dan mendidih dengan terus diaduk. Kemudian, gulai tepek ikan bisa dinikmati sebagai lauk nasi putih hangat. Bisa juga memadukannya dengan nasi gemuk atau nasi gurih khas Jambi.

gulai tepek ikan, makanan khas Jambi yang rasanya lezat.gulai tepek ikan, makanan khas Jambi yang rasanya lezat. Foto: dok. ILUNI UI Jambi/iStock

Dalam webinar tersebut turut hadir Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ia menyampaikan harapannya agar makanan khas Jambi seperti gulai tepek ikan ini bisa dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

"Harapannya agar masyarakat di Jambi semangat untuk mendukung Festival Kuliner Nusantara sebagai bagian dari kenormalan baru. Berharap juga kuliner-kuliner Jambi maupun kuliner Nusantara bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, membangkitkan ekonomi kreatif, memupuk semangat, dan menjadikan kuliner kita sebagai peluang usaha untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandiaga Uno dalam webinar (27/3).

Makanan khas Jambi lainnya yang tak kalah enak ada gulai terjun dan sambal pirik. Ada juga kue padamaran dan jus sanapis yang tak kalah unik.

Baca Juga: Seruit, Olahan Ikan Sungai Khas Lampung dengan Sambal Tempoyak



Simak Video "Gulai Asam Pedas Ikan Sembilang yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com