Berita Terpopuler

Bahaya Meniup Makanan Panas hingga Ubah Tato Jadi 'Indomie'

Tim detikfood - detikFood Senin, 22 Mar 2021 09:30 WIB
Meniup Makanan Panas Bahaya untuk Kesehatan, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/Erdark
Jakarta -

Meniup makanan panas jadi kebiasaan banyak orang, padahal ini berbahaya. Ada juga kisah kocak pria ubah tato jadi 'Indomie' dan mie ayam enak di Jakbar.

Saat hendak menikmati makanan panas, banyak orang refleks meniup supaya makanan tersebut cepat dingin. Praktik ini bahkan jamak dilakukan orang tua saat menyuapi makanan anaknya.

Dari sisi kesehatan, meniup makanan ternyata tidak direkomendasikan. Ada bahaya kesehatan yang mungkin terjadi karena hal ini. Cara yang lebih direkomendasikan adalah mendiamkan makanan tersebut beberapa saat alih-alih meniupnya.

Pembaca detikfood juga tertarik mengetahui rekomendasi mie ayam enak di wilayah Jakarta Barat. Lokasinya tersebar di Grogol, Meruya, hingga Green Ville.

Mie ayam ini bukan hanya gaya Jawa Tengah, melainkan juga gaya China hingga khas Bangka. Penggemar mie ayam pasti puas kalau mencicipi mie ayam di Jakarta Barat ini.

Beberapa orang rela membuat tato di tubuh mereka bertuliskan nama pasangan, namun apa jadinya kalau suatu hari hubungan mereka kandas? Hal ini dialami seorang pria Asia.

Ia terlanjur menato tangannya dengan tulisan 'Naomi', namun ketika putus hubungan dengannya, ia memiliki cara kreatif. Pria ini putuskan mengubah tatonya.

Berikut deretan berita terpopuler detikfood yang menarik perhatian pembaca kemarin (21/3):

1. Bahaya meniup makanan panas

Meniup Makanan Panas Bahaya untuk Kesehatan, Ini SebabnyaMeniup Makanan Panas Bahaya untuk Kesehatan, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/Erdark

Dari sisi kesehatan, kumpulan ahli gizi di gizipedia.id menyoroti bahaya meniup makanan panas. Di laman Instagram, mereka menjelaskan kalau praktik meniup makanan panas sama saja seperti membiarkan makanan terpapar gas limbah sisa pernapasan ke makanan.

Hal ini memang tidak terlalu membahayakan, namun tetap ada risikonya. Sebuah penelitian menemukan saat sebuah media ditiup, jumlah mikroorganismenya ternyata 8 kali lebih banyak dibanding media yang tidak ditiup.

Selain itu, para peneliti pangan juga menemukan ada risiko penularan bakteri saat meniup kue ulang tahun. Jumlahnya bahkan 1.400% lebih banyak!

Baca Juga: Meniup Makanan Panas Bahaya untuk Kesehatan, Ini Sebabnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com