Horas! Ada Mie Gomak dan Arsik Ikan Sedap di Pesona Kuliner Danau Toba

Odilia WS - detikFood Rabu, 17 Feb 2021 10:30 WIB
Festival Kuliner Danau Toba 2021 Foto: detikfood
Jakarta -

Mendukung program destinasi super prioritas, festival kuliner danau Toba digelar selama 10 hari. Beragam kuliner dan hasil kerajinan khas Toba ikut dihadirkan.

Berbeda dengan tahun-tahun silam, tahun ini Summarecon Mall Serpong menggelar festival kuliner lebih kecil skalanya. Festival kuliner ini didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengambil tema Pesona Kuliner Danau Toba.

Tema kuliner Danau Toba dipilih sebagai bagian promosi destinasi wisata super prioritas. Kegiatan ini merupakan pekan raya produk Sumatera Utara yang meliputi Beli Kreatif Danau Toba dan Pesona Kuliner Danau Toba.

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat ini dilangsungkan pada tanggal 11-21 Februari 2021 di Broadway Stage, Summarecon Mall Serpong. Setiap pengunjung dicek suhunya dan membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang tersedia.

Festival Kuliner Danau Toba 2021Festival Kuliner Danau Toba 2021 Foto: detikfood

Di area lobby Broadway terdapat beberapa tenant yang menawarkan beragam kain ulos hasil kerajinan masyarakat Sumatera Utara. Ada yang berupa kain lembaran dan baju-baju siap pakai dari UMKM kerajinan. Tak ketinggalan kopi Sumatra Utara, gula semut dan keripik kulit patin juga bisa dijual di area ini.

Jika ingin mencicipi kuliner danau Toba kamu bisa menuju area stage. Ada sekitar 10 tenant dengan makanan khas Sumatera Utara. Jika biasanya festival kuliner Summarecon Mall Serpong menghadirkan puluhan tenant, kali ini hanya sekitar 10 tenant. Tempat makan juga ditata dengan jarak 1.5 meter lebih.

Ada mie gomak, mie goreng khas batak, nasi lemak dengan lauk mie goreng, telur balado dan buncis sambal tauco. Untuk makanan non halal ada mie kebon jahe, arsik ikan mas, bakmi keriting khas Medan hingga bihun kari Medan. Harga makanan dipatok mulai Rp 20.000 - Rp 25.000 per porsi.

Festival Kuliner Danau Toba 2021Festival Kuliner Danau Toba 2021 Foto: detikfood

Pencinta kopi bisa singgah di sebuah jip yang menjadi warung kopi Tolu Batak. Perajin kopi dari Sumatera Utara ini menawarkan biji kopi Lintong yang diproses honey washed. Selain biji kopi yang sudah disangrai tersedia minuman kopi. Seperti kopi susu, kopi V60, cappuccino, espresso, kopi tubruk, red velvet dan green tea.

Untuk harga secangkir kopi dipatok Rp 20.000 per cangkir. Citarasa kopi lintong yang beraroma tembakau, full bodied dengan keasaman yang ringan cocok sebagai pembilas mulut usai menyantap makanan Sumut yang berempah tebal.

Musik tradisional tanah batak akan mengiringi kamu bersantai atau belanja produk kerajinan Sumatera Utara. Kamu bisa memberi dukungan untuk kebangkitan wisata dan UMKM Sumut dengan mengunjungi acara yang akan ditutup hari Minggu, 21 Februari ini.



Simak Video "Lunasi Lapar Sambil Piknik Cantik di Picnic Over Tribeca "
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com