Kuliner China di Bekasi

Sarapan Bubur Ayam di Depan Klenteng Hok Lay Kiong, Cuma Rp 10 Ribu!

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 31 Jan 2021 07:00 WIB
bubur ayam enak di depan klenteng hok lay kiong Foto: detikFood
Jakarta -

Kalau mampir ke Klenteng Hok Lay Kiong di kawasan pecinan Bekasi, kamu patut mencoba bubur ayam yang ada di depan klenteng. Rasanya enak dan harganya murah!

Klenteng Hok Lay Kiong adalah satu-satunya peninggalan sejarah masyarakat China di Bekasi. Lokasinya ada di dekat Pasar Proyek, Bekasi. Kamu tinggal tanyakan penduduk setempat kalau mau ke Klenteng ini.

Konon Klenteng Hok Lay Kiong diperkirakan telah berusia 350 tahun. Bangunannya cukup besar dan memiliki 2 lantai. Di dalamnya ada beberapa altar untuk beribadah.

Klenteng yang luas areanya mencapai 650 meter persegi ini dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 6.00-19.00 WIB (mengikuti peraturan Pemerintah di masa pandemi). Siapapun bisa datang ke klenteng, namun harus tetap menjaga kesopanan dan tidak mengganggu mereka yang sedang beribadah.

bubur ayam enak di depan klenteng hok lay kiongbubur ayam enak di depan klenteng hok lay kiong Foto: detikFood

Di depan Klenteng Hok Lay Kiong, setiap paginya ada penjual bubur ayam yang laris manis diserbu pembeli. Dikenal dengan sebutan Bubur Tepekong atau Bubur Klenteng karena lokasinya tepat di depan persin Klenteng Hok Lay Kiong.

Baca Juga: 5 Bubur Ayam Gerobakan Paling Hits, Belinya Harus Antre

Bubur ayam ini sudah dijajakan sekitar 15 tahun lalu. Bisa dikatakan cukup legendaris dan sudah terkenal kelezatannya.

Awalnya kami hanya ingin kulineran di dekat Pasar Proyek. Lalu, seorang juru parkir mengatakan kepada kami kalau ada bubur ayam enak di depan Klenteng. Kami pun penasaran dan langsung menuju ke sana.

bubur ayam enak di depan klenteng hok lay kiongbubur ayam enak di depan klenteng hok lay kiong Foto: detikFood

Benar saja, saat kami datang sudah banyak pelanggan yang sarapan bubur ayam di sana. Gerobak warna birunya terlihat mentereng dari kejauhan.

Kami pun memesan bubur ayam di sana. Penjualnya mengatakan kepada kami kalau racikannya berbeda dari bubur ayam biasanya.

"Racikannya khas Betawi, soalnya saya orang Betawi," ujar penjual Bubur Ayam Klenteng kepada detikFood (26/1).

Ternyata racikannya memang berbeda dari bubur ayam biasa. Bubur ayam ini punya tekstur yang kental. Kemudian bubur diberikan bumbu berupa kecap asin dan lada bubuk yang melimpah.

Untuk pelengkapnya sangat beragam. Ada potongan cakwe, ayam suwir, bawang merah goreng, irisan daun bawang, dan kacang kedelai goreng. Uniknya di sini juga menggunakan topping udang rebon yang asin, potongan timun, dan kerupuknya merah, seperti kerupuk untuk ketupat Padang.

bubur ayam enak di depan klenteng hok lay kiongbubur ayam enak di depan klenteng hok lay kiong Foto: detikFood

Awalnya kami mengira rasanya akan aneh karena ada topping udang rebon yang asin. Ternyata udang rebon itu malah membuat rasa buburnya makin nikmat. Terasa gurih dan menyatu dengan lembutnya bubur.

Kalau kamu suka pedas, bisa juga menambahkan 2-3 sendok sambal yang pedas nampol. Rasa pedas dari sambal membuat bubur terasa makin nikmat.

Satu porsi bubur ayam di sini hanya dibanderol Rp 10.000 saja. Padahal porsinya besar dan dijamin bikin kenyang. Ada juga aneka sate yang dibanderol harga Rp 3.000 per tusuknya.

Bubur Klenteng
Klenteng Hok Lay Kiong,
Jalan Kenari I No. 1,
Margahayu, Bekasi Timur
Jam operasional: 06.00-10.00 WIB

Baca Juga: Unik! Ini Racikan Bubur Goreng Buatan Bang Juna



Simak Video "Gurih Lezat Bubur Tepekong Depan Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com