Tren Kuliner 2021

5 Hal Ini Membuat Kuliner Lokal Tetap Jadi Tren 2021

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 09 Jan 2021 18:00 WIB
5 Hal Ini Membuat Kuliner Lokal Tetap Jadi Tren 2021 Foto: iStock
FOKUS BERITA Tren Kuliner 2021
Jakarta -

Masa pandemi Covid-19 membuat produk lokal makin populer. Apakah kuliner lokal tetap jadi primadona di tahun 2021?

Tren kuliner tahun lalu mengalami perubahan karena adanya pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020 hingga sampai saat ini. Hal ini sesuai dengan kondisi masyarakat.

Produk-produk lokal mengalami kebangkitan saat pandemi karena pembatasan kegiatan dan masukanya barang impor. Apakah tren ini tetap populer di tahun 2021? Arto Biantoro, pakar brand sekaligus brand activist memberikan pandangannya.

Menurutnya kuliner lokal tetap bangkit dan menjadi tren jika memperhatikan beberapa hal. Mulai dari adaptasi hingga menentukan pasar.

Berikut 5 hal yang hal bisa membuat kuliner lokal tetap menjadi tren.

1. Mampu Beradaptasi

5 Hal Ini Membuat Kuliner Lokal Tetap Jadi Tren 20215 Hal Ini Membuat Kuliner Lokal Tetap Jadi Tren 2021 Foto: iStock

Melihat kondisi sekitar di mana terjadi pandemi COVID-19, mengharuskan pelaku usaha kuliner lokal harus mampu beradaptasi dengan memberikan inovasi-inovasi baru agar tidak hilang dimakan zaman.

"Di tengah pandemi seperti ini membuat orang harus adaptasi. Nah, adaptasi itulah yang seharusnya menjadikan tren. Jadi, setiap tahun pasti akan ada tren," ujar Arto Biantoro kepada detikcom (06/01).

Menurut Arto di tahun 2021, tentu akan ada tren-tren kuliner baru yang semakin kuat hasil dari tren di tahun sebelumnya. Misalnya adanya frozen food atau ready to cook. Keduanya akan semakin canggih mulai dari kemasan hingga inovasi produknya.

Sebagai pelaku usaha kuliner, membuat kuliner lokal agar tetap diingat masyarakat tentu menjadi sebuah tantangan. Arto menyebut bahwa kuncinya bukan pada masyarakat melainkan pada produk kuliner itu sendiri.

"Dari sisi perusahaan atau brand dia harus mampu berkomunikasi. Komunikasi itu bukan hanya sekadar promo, tapi juga mampu membangun hubungan yang personal denganpasarnya," tutur ArtiBiantoro.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Nikmati Serabi Notosuman di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Tren Kuliner 2021
FOKUS BERITA Tren Kuliner 2021

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com