Liburan ke Sarangan, Jangan Lupa Jajan Nasi Bancak dan Menok Mbah Djoe

Sugeng Harianto - detikFood Selasa, 29 Des 2020 12:00 WIB
Liburan ke Sarangan, Jangan Lupa Jajan Nasi Bancak dan Menok Mbah Djoe Foto: Sugeng Harianto/detikcom
Magetan -

Di tempat ini bisa menikmati sejuknya udara gunung Lawu. Sambil menikmati nasi bancak yang super komplet lauknya dan nasi menok yang gurih lembut.

Libur tahun baru banyak lokasi wisata pilihan di Gunung Lawu Magetan, diantaranya Telaga Sarangan dan Mojosemi Forest Park dan Taman Genilangit. Selain menikmati kesejukan udara gunung, kamu juga bisa menikmati nasi bancak dan nasi menok yang sedap.

Nasi bancak dan menok hanya ada di Mbah Djoe Resort, yang berlokasi di Jalan Raya Sarangan, Magetan arah Tawangmangu. Nasi Bancak dan nasi menok merupakan dua menu andalan yang memakai resep tradisional.

Liburan ke Sarangan, Jangan Lupa Jajan Nasi Bancak dan Menok Mbah DjoeLiburan ke Sarangan, Jangan Lupa Jajan Nasi Bancak dan Menok Mbah Djoe Foto: Sugeng Harianto/detikcom

"Nasi Bancak dan nasi menok memang sajian kuliner utama di sini disamping banyak menu lainnya," ujar Paijo, pemilik Mbah Djoe resot kepada detikcom Minggu (27/12/2020).

Menurut Mbah Jo sapaan akrab Paijo, nasi bancak merupakan menu hidangan yang biasanya untuk acara selamatan atau kenduri. Nasi Bancak, disajikan berupa nasi tumpeng mini atau kecil disajikan dalam wadah anyaman lidi lengkap lauk.

"Nasi bancak disajikan mirip saat kita sedang acara kondangan atau kenduri itu. Ada nasi tumpeng mini untuk satu porsi lengkap lauk ayam suwir dan sayur urap, cecek kulit dan kacang tolo, telur rebus serta bothok tempe," katanya.

Sementara nasi menok berupa nasi yang sudah matang ditambah air santan dibungkus dengan daun pisang, direbus dalam air. "Kalau nasi menok menyerupai lontong tapi nasi sudah matang beri santan dibungkus daun pisang dan direbus jadi gurih nasinya," ujarnya.

Di Djoe resort para pengunjung bisa memesan total 37 menu makanan dan 15 mini camilan serta 43 jenis minuman yang disediakan. Minuman ciri khas di Mbah Djoe resort adalah wedang uwuh. Minuman rempah yang diracik dari kayu secang dan campuran berbagai rempah.

"Untuk minuman yang khas ada wedang uwuh. Yang jelas harga terjangkau," paparnya.

Di Mbah Djoe Resort pengunjung bisa menikmati pemandangan indahnya awan di pegunungan Lawu Magetan. Pengunjung dari arah Jateng setelah dari Mojosemi Forest Park bisa mampir dulu ke Mbah Djoe resort sebelum ke telaga Sarangan.

Liburan ke Sarangan, Jangan Lupa Jajan Nasi Bancak dan Menok Mbah DjoeLiburan ke Sarangan, Jangan Lupa Jajan Nasi Bancak dan Menok Mbah Djoe Foto: Sugeng Harianto/detikcom

Sebaliknya pengunjung dari arah Jatim setelah dari Telaga Sarangan bisa singgah ke Mbah Djoe resort sebelum menuju ke Mojosemi Forest Park. Lokasi sangat mudah dicari karena di pinggir jalan utama.

Tempat ini juga menyediakan penginapan dengan harga terjangkau. Meski baru buka tiga tahun lalu Mbah Djoe resort sangat ramai di kunjungi keluarga karena juga ada kolam renang. Pengunjung yang menginap dilayani oleh karyawan khusus resort sebanyak 30 orang.



Simak Video "Gurih Empuk Sate Cumi-cumi di Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com