Bangkrut Diterpa Corona, Ribuan Ritel dan Restoran Tutup Permanen

Tim Detikfood - detikFood Senin, 14 Des 2020 13:15 WIB
terjebak dalam restoran tutup Foto: terjebak dalam restoran tutup
Jakarta -

Pandemi Corona tak hanya merenggut korban jiwa, ribuan ritel dan restoran di Amerika pun bangkrut. Mereka tutup permanen karena tak bisa pertahankan bisnisnya.

Coresight Research mengungkap 8.400 ritel AS tutup tahun ini karena bangkrut tertekan pandemi corona. Ascena Retail, salah satunya, menutup hingga 1.200 gerai ritel di beberapa lokasi.

Dikabarkan CNN Indonesia (14/12) Coresight Research memprediksi penutupan ritel semakin bertambah dan berpotensi mencetak rekor baru tahun ini. Diketahui, terdapat 9.302 ritel yang tutup sepanjang tahun lalu.

Hal yang sama terjadi pada bisnis restoran. Laporan National Restaurant Association menunjukkan terdapat 110 ribu atau 17 persen dari total restoran di AS menutup tokonya secara permanen tahun ini.

Kebijakan lockdown di AS selama masa pandemi covid-19 telah menghancurkan bisnis ritel dan restoran. Mayoritas perusahaan memiliki masalah keuangan dan mengajukan bangkrut tahun ini.

Restoran Tutup di AmerikaRestoran Tutup di Amerika Foto: Istimewa

Berikut perusahaan ritel dan restoran yang mengajukan bangkrut selama 2020:

Januari 2020

Papirus: Ritel yang terkenal menjual alat tulis dan kartu ucapan ini telah menutup lebih dari 250 gerai di seluruh AS dan Kanada. Manajemen mengakui tak mampu pulih sepenuhnya sejak krisis keuangan pada 2008 lalu.

Bar Louise: Restoran ini terkenal dengan promo di jam-jam tertentu. Bar Louise mencapai kesepakatan dengan pemberi pinjaman untuk membeli restorannya melalui penjualan kebangkrutan.

Krystal: Perusahaan menyatakan ada beberapa faktor yang membuat manajemen mengajukan pailit, di antaranya meningkatnya persaingan, perubahan selera konsumen, dan munculnya platform online. Lalu, Krystal bangkit dari kebangkrutan pada Mei 2020.

Februari 2020

Impor Dermaga 1: Ritel yang menjual beberapa barang rumah tangga ini mengajukan pailit setelah kinerja terus turun selama bertahun-tahun. Merosotnya kinerja perusahaan lantaran persaingan online di AS.

Daftar perusahaan ritel dan restoran lain di bulan Maret hingga Desember juga brangkut. Daftar selengkapnya baca DI SINI!



Simak Video "Makanan Siap Masak dan Siap Makan Jadi Tren di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com