Maknyus! Sate Cumi Khas Kedai Umiso Pacitan yang Empuk Gurih

Purwo Sumodiharjo - detikFood Minggu, 13 Des 2020 13:00 WIB
Maknyus! Sate Cumi Khas Kedai Umiso Pacitan yang Empuk Gurih Foto: detikcom/Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Warung makan ini punya sate cumi-cumi yang sedap. Selain bercita rasa gurih dan legit, cuminya empuk juicy saat dikunyah.

"Waktu ngrebusnya harus pas. Antara 3 sampai 5 menit. Kalau kelamaan biasanya justru alot," ujar Rahmad Bintoro (26), pemilik Kedai Umiso, kepada detikcom, Sabtu (12/12/2020).

Sate Cumi memang menjadi salah satu menu andalan di rumah makan yang beralamat di Jalan Lintas Selatan (JLS), Kelurahan Ploso tersebut. Tentu saja masih ada beberapa menu varian lain. Seperti udang, ayam, kerang, lele, dan sebagainya.

Baca Juga : Hati-hati! Makan Gurita Ini Bisa Tewas dalam Hitungan Menit

Maknyus! Sate Cumi Khas Kedai Umiso Pacitan yang Empuk GurihMaknyus! Sate Cumi Khas Kedai Umiso Pacitan yang Empuk Gurih Foto: detikcom/Purwo Sumodiharjo

Rahmad mengaku cukup lama bereksperimen hingga mendapatkan resep baku seperti saat ini. Berawal dari nonton Youtube, pria yang juga bekerja di salah satu bank itu terpacu menciptakan menu sendiri.

"Namanya latihan, trial and error itu biasa. Tapi akhirnya saya sama istri bisa bikin menu ini," kata pria penghobi masak itu sembari tertawa.

Sejak diperkenalkan ke pasaran, sate cumi langsung laris manis. Pesanan pun tak pernah berhenti. Penjualannya sebagian besar memanfaatkan media daring. Namun tak sedikit yang makan di tempat.

Harga yang dipatok juga relatif terjangkau. Untuk satu porsi berisi nasi, sate tiga tusuk, dan lalapan hanya dibanderol Rp 13 ribu. Adapun untuk minuman tersedia es teh, teh hangat, milkshake, capucino, dan sebagainya.

Maknyus! Sate Cumi Khas Kedai Umiso Pacitan yang Empuk GurihMaknyus! Sate Cumi Khas Kedai Umiso Pacitan yang Empuk Gurih Foto: detikcom/Purwo Sumodiharjo

Rahmad mengatakan sejauh ini sate cumi tersedia setiap saat. Hal ini ditopang ketersediaan bahan baku. Cumi segar diambil langsung dari nelayan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Tamperan.

Sensasi makan sate cumi dirasakan Alvin Oktaviyana (21). Selain empuk dan lembut, bumbu yang dioleskan sembari cumi dipanggang tersebut juga terasa meresap hingga di dalam daging.

Sate cumi ala Umiso, kata lulusan salah perguruan tinggi di Kota 1001 Gua itu, juga terasa beda. Itu karena adanya paduan rasa pedas dan manis. Tentu saja bagi yang suka pedas, menu ini pas untuk menggugah selera.

Maknyus! Sate Cumi Khas Kedai Umiso Pacitan yang Empuk GurihMaknyus! Sate Cumi Khas Kedai Umiso Pacitan yang Empuk Gurih Foto: detikcom/Purwo Sumodiharjo

"Bumbunya meresap. Kalau sate biasanya kan manis, kalau ini ada gurih, manis, dan pedas," papar Alvin yang mengaku sering nongkrong di tempat tersebut.

Bagi yang penasaran dengan sate cumi khas Kedai Umiso, bisa langsung merapat ke JLS. Sedangkan untuk yang tinggal di seputaran Kota Pacitan, juga bisa pesan antar via WA 087-877-707-090.

Baca Juga : Di Korea Gurita Hidup Jadi Jajanan Ekstreme yang Populer



Simak Video "Gurih Empuk Sate Cumi-cumi di Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com