Tips Simpan Ikan Salmon agar Tahan Lama

Content Promotion - detikFood Selasa, 10 Nov 2020 19:05 WIB
SalmonHu Foto: SalmonHu
Jakarta -

Kebijakan sosial dan physical distancing yang diterapkan akibat pandemi membuat aktivitas masyarakat terbatas, termasuk untuk urusan belanja keperluan dapur. Sebab sangat sulit untuk tetap menjaga jarak saat berbelanja bahan makanan di kerumunan supermarket atau pasar.

Pada sisi lain, terutama buat ibu rumah tangga, punya kewajiban untuk tetap menyediakan makanan sehat buat keluarga di masa pandemi ini. Makanan sehat sangat penting di era pagebluk ini untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Salah satu makanan sehat yang mengandung protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh ialah ikan segar. Kabar baiknya, masyarakat tak perlu khawatir jika ingin mendapat berbagai jenis ikan segar dengan harga terjangkau. Kini ada SalmonHu yang memungkin para ibu bisa mendapatkan ikan segar tanpa perlu keluar rumah.

Keuntungan Beli di SalmonHu

SalmonHu merupakan pasar ikan online di Jakarta yang menjual ikan salmon Norwegia segar (fresh) dalam bentuk olahan sebagai produk utama. Adapun olahan ikan salmon yang dijual ialah Salmon Whole, Salmon Fillet Skin On, Salmon Cold Smoke, dan lain sebagainya.

Ikan salmon yang juga jadi makanan kesukaan Gisella Anastasia atau biasa dipanggil Gisel ini sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat karena mengandung nutrisi dan mineral seperti asam lemak omega, vitamin A, D, dan B12. Nutrisi tersebut baik bagi perkembangan otak, mata, dan jantung.

Selain ikan Salmon, SalmonHu juga menjual jenis ikan atau seafood lain, seperti Kirimi Black Cod Skin On (Gindara Import), Bawal Jepang (Marukoban/Shimaji) Premium Whole Fresh, Bawal Jepang (Marukoban/Shimaji) Sashimi, Saba Fillet, tuna, cumi, udang, dan unagi kabayaki serta masih banyak seafood lainnya.

Di SalmonHu, produk ikan terjamin lebih higienis jika dibanding di supermarket atau pasar, apalagi di masa pandemi ini belanja secara online menjadi alternatif untuk menghindari kontak fisik. Selain itu, SalmonHu sudah berpengalaman lebih dari lima tahun melayani pembeli ikan secara online.

Tips Menyimpan Ikan Salmon biar Tahan Lama

Setelah membeli ikan salmon dari SalmonHu, masyarakat juga bisa menyimpannya selama beberapa waktu sebelum akhirnya dimasak, dihidangkan, dan disantap. Namun, perlu langkah-langkah yang tepat untuk menyimpan ikan salmon yang segar agar bisa tahan lama hingga enam bulan. Masyarakat bisa mengikuti tips yang dibagikan William Gozali (WillGoz) melalui akun YouTubenya.

Pertama, yang harus diketahui ikan salmon terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian perut atau belly yang banyak mengandung lemak, loin yang biasa dijadikan sashimi, dan bagian second cut dan tail yang cocok buat mereka yang tidak terlalu suka dengan bau ikan salmon.

Kedua, siapkan pisau yang tajam, plastik wrap hingga tempat untuk menyimpan ikan salmon di freezer. Ketiga, potong ikan salmon berdasarkan bagian-bagiannya dan dilapisi dengan plastik wrap minimal dua lapis supaya lebih aman.

Keempat, semua bagian salmon bisa disimpan di freezer. Alasan mengapa ikan salmon harus dipotong-potong terlebih dahulu sebelum disimpan ialah agar masyarakat bisa mengambil bagian yang diperlukan saja saat hendak memasaknya.

Nah, buat masyarakat yang hendak menyajikan menu utama ikan salmon, WillGoz yang merupakan juara Masterchef Indonesia tersebut juga memberikan rekomendasi menu dalam akun YouTube-nya. Menu ini bisa dicoba, apalagi buat berinovasi selama masa pandemi ini.

Adapun bahan dasar ikan salmon atau ikan segar lainnya mudah didapatkan di SalmonHu. Pembelian produk ikan salmon, jenis ikan segar lainnya, dan seafood di SalmonHu bisa dilakukan lewat Tokopedia, Shopee, dan WhatsApp.

(ads/ads)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com