Berita Terpopuler

Segar dan Manisnya Sirup Sorgum di Situbondo Ini Bikin Penasaran

Ghazali Dasuqi - detikFood Senin, 28 Sep 2020 09:15 WIB
Segar dan Manisnya Sirup Sorgum di Situbondon Ini Bikin Penasaran Foto: Ghazali Dasuqi / detikcom
Situbondo -

Di musim kemarau minuman menyegarkan banyak diburu orang. Seperti es sirup tebu maupun sirup nira aren yang di banyak dijumpai di pinggiran jalan di Situbondo laris manis.

Namun pernahkah kamu menikmati minuman sirup sari nira sorgum. Minuman ini kabarnya memberikan sensasi berbeda, dibanding sirup nira lainnya. Selain legit dan menyehatkan, kesegaran sirup sorgum juga tidak meninggalkan rasa di tenggorokan.

Tak berlebihan, jika baru-baru ini warga rela antre untuk mendapatkan sirup sorgum. Mereka antre di lokasi panen massal tanaman sorgum seluas 1,5 hektar di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit. Mereka pun bisa menikmati secara gratis minuman sirup sorgum.

Segar dan Manisnya Sirup Sorgum di Situbondon Ini Bikin PenasaranSegar dan Manisnya Sirup Sorgum di Situbondon Ini Bikin Penasaran Foto: Ghazali Dasuqi / detikcom

Baca Juga : Pertama di Dunia, Indonesia Punya Gula Pasir Berbahan Sorgum

"Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman sorgum ini. Salah satunya, ya bisa menghasilkan sirup itu. Rasanya legit dan menyegarkan," kata drh Hasanuddin Riwansiyah, salah satu tokoh sorgum di Situbondo kepada detikcom, Minggu (27/9/2020).

Bentuk tanaman sorgum ini mirip dengan tumbuhan jagung, tinggi menjulang hingga 2 meter. Hanya bedanya sorgum menghasilkan buah, berupa buliran kecil di ujung tanaman. Nah, batang tanaman sorgum inilah yang diolah secara sederhana untuk menghasilkan sirup nila sorgum.

"Rasanya enak, segar, manis dan tidak serik di tenggorokan. Suka sekali minum sirup sorgum. Rasanya jadi ketagihan. Bagus juga kalau dijual kemasan," ujar Atifah, seorang warga Kecamatan Kendit.

Segar dan Manisnya Sirup Sorgum di Situbondon Ini Bikin PenasaranSegar dan Manisnya Sirup Sorgum di Situbondon Ini Bikin Penasaran Foto: Ghazali Dasuqi / detikcom

Batang tanaman sorgum itu dibersihkan, lalu digiling menggunakan mesin untuk mendapatkan sirup sorgum. Tiap tiga batang, dapat menghasilkan satu gelas atau 250 mm sirup sorgum yang menyegarkan.

"Hasil penelitian, manis sirup sorgum ini juga aman atau tidak berisiko bagi penderita diabetes. Sorgum yang bisa menghasilkan banyak nira itu usia tanaman 3 bulan lebih," papar pria yang akrab disapa drh Udin itu.

Segar dan Manisnya Sirup Sorgum di Situbondon Ini Bikin PenasaranSegar dan Manisnya Sirup Sorgum di Situbondon Ini Bikin Penasaran Foto: Ghazali Dasuqi / detikcom

Namun begitu, sejauh ini sepertinya belum ada rencana memproduksi sirup aren sorgum secara kemasan, untuk dijual ke pasaran. Karenanya, warga yang penasaran dengan sirup sorgum, bisa langsung menuju lokasi panen sorgum.

"Untuk memproduksi minuman sorgum secara kemasan, itu menjadi ranahnya Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Kalau soal menikmati di lokasi panen, silahkan saja. Insyaallah panen sorgum terus berlanjut," papar drh Udin, yang juga Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Situbondo.

Baca Juga : Sorgum Bisa Jadi Alternatif Sehat Beras yang Tinggi Protein



Simak Video "Sensasi Rasa Dawet Hitam, Lebih Kenyal dan Gurih"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)