Terpopuler Sepekan

Perdebatan Kehalalan Permen di Bank, Roti Sourdough dan Durian

Tim Detikfood - detikFood Sabtu, 26 Sep 2020 06:25 WIB
durian musang king turun harga Foto: Istimewa
Jakarta -

Roti sourdough yang sedang tren dan durian yang jadi favorit banyak orang disoal kehalalannya. Demikian juga suguhan permen di bank-bank.

Soal kehalalan bahan makanan menjadi perbincangan netizen sepanjang minggu. Ada roti sourdough yang memakai ragi alami, durian yang dikenal sebagai buah mengandung alkohol hingga suguhan permen yang ada di banyak bank.

Durian sebagai buah yang dikenal mengandung alkohol jadi dipertanyakan kehalalannya. Meskipun buah manis ini mengandung alkohol tetapi tidak sampai membuat mabuk yang memakannya.

Selain itu netizen juga mempertanyakan kehalalan roti kuno, sourdough yang tengah naik daun. Roti yang rasanya asam ini dibuat dari bahan-bahan alami tanpa ragi roti. Lalu kenapa disebut-sebut haram?

Suguhan permen di meja customer service bank lumrah kita temui. Permen ini menjadi cara bank memanjakan nasabah yang tengah menunggu. Tetapi karena bank memungut riba, apakah sah menyebut permen tersebut haram?

Tiga berita soal kehalalan makanan jadi topik yang menyita perhatian pembaca detikfood selama seminggu ini.

1. Durian mengandung alkohol kenapa halal?

Salah satu yang diharamkan oleh umat muslim adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol karena bisa memabukkan. Tetapi tidak berlaku untuk buah durian yang rasanya legit dan beraroma tajam.

Buah kuning ini menurut LPPOM MUI disebut sebagai buah yang halal dikonsumsi oleh umat muslim karena tak bikin mabuk. Meskipun mengandung alkohol tetapi terbentuk secara alami.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ragam Olahan Durian: Gulai Durian Mengkal hingga Bakso Durian"
[Gambas:Video 20detik]