Viralnya Odading Mang Oleh di Bandung, Berawal dari Bercanda

Yudha Maulana - detikFood Rabu, 16 Sep 2020 20:00 WIB
Odading Mang Sholeh Foto: detikcom
Bandung -

Odading Nusa Sari jadi buah bibir setelah video promosi kocak vlogger Ade Londok viral. Anak sulung Soleh, Agus Rusman bercerita awal mula hingga akhirnya odading ayahnya jadi buruan warga.

Awalnya, Ade yang kerap membuat konten video soal keseharian hidupnya itu menghampiri lapak odading dan cakue yang dirintis ayah sejak awal 1980-an itu. "Awalnya teman saya, Ade Londok bikin vlog di tempat jualan. Katanya odadingnya rasanya an***g banget," ujar Agus saat ditemui detikcom, Rabu (16/9/2020).

Setelah itu, Ade mengunggah vlognya tersebut ke Instagram. "Memang mang Ade suka bercanda, ngerekam pakai handphone-nya, awalnya hanya bercanda aja ," kata Agus yang tak menyangka jika tayangan tersebut menjadi viral.

promosi odadingpromosi odading Foto: twitter @kencrotawn

Agus mengatakan, memang keseharian Ade adalah membuat vlog di samping pekerjaan utamanya sebagai tukang jahit di kawasan Pasar Kosambi. "Jadi memang Ade ini suka mempromosikan produk atau barang dagangan pedagang yang di sini, kami mengucapkan terima kasih," ucap Agus.

Odading yang belakangan akrab disebut odading Mang Oleh ini membuat warga rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkannya di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung. Pemandangan itu terlihat sejak akhir pekan lalu, tepatnya saat vloger lokal Ade Londok membuatnya viral lewat promosi 'S3 Marketing' yang menggebu-gebu.

Ia mengatakan, sebelum viral hanya tiga orang yang berjualan odading dan cakwe, semuanya adalah keluarga termasuk Pak Soleh. "Kalau sekarang hampir semuanya bantu jualan, alhamdulillah rejeki buat bapak. Kan anak bapak ada 11 orang," ucapnya.

Odading Mang Sholeh yang ViralOdading Mang Sholeh yang Viral Foto: dok. detikFood / Siti Fatimah

Odading Pak Sholeh (akrab disebut Mang Oleh) sudah ada sejak tahun 1987. Posisinya yang dekat dengan Pasar Kosambi tidak pernah berubah sejak awal. Usaha yang sudah digeluti sejak 33 tahun lalu ini menjajakan Odading dengan resep turun temurun.

Odading Mang Sholeh sudah ada sejak tahun 1987. Posisinya yang dekat dengan Pasar Kosambi tidak pernah berubah sejak awal. Usaha yang sudah digeluti sejak 33 tahun lalu ini menjajakan Odading dengan resep turun temurun.

Odading Mang SholehOdading Mang Sholeh Foto: detikcom

Olahan dari campuran mauripan (pengembang), soda kue, nona sari (pemanis), gula, mentega dan tepung terigu ini kemudian dipotong segi empat lalu digoreng. Rasanya renyah, empuk dan manis, cocok jadi santapan di pagi hari dengan kopi atau teh.



Simak Video "Penampakan Antrean Super Panjang Odading Mang Oleh yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)