Di Sini Ada Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower'

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 11 Sep 2020 16:30 WIB
Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur Edible Flower Foto: Restoran 1945
Jakarta -

Kecuali gaya sajian, masakan tradisional bisa diracik pakai bahan premium. Ada sate maranggi dari daging tomahawk hingga pecel bertabur edible flower di resto ini.

Hidangan tradisional biasanya diracik dengan bumbu-bumbu lengkap dan autentik. Tetapi bisa diolah dari bahan-bahan premium yang terkenal di dunia. Itulah yang dilakukan tim chef Restoran 1945, yang berlokasi di Hotel Fairmont Jakarta.

Baca Juga: Nikmati Afternoon Tea dengan Kue Ikonik dari 10 Negara di Lounge Ini

Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower'Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower' Foto: Restoran 1945

Setelah tutup selama beberapa bulan di masa pandemi Corona, kini Restoran 1945 kembali dibuka dengan rangkaian menu terbaru. Hidangan tradisional nusantara menjadi ciri khas restoran fine dining ini. Semua bumbu-bumbu autentik diracik dan disuguhkan dengan gaya elegan.

"Selama beberapa bulan ini saya dan tim terus berinovasi untuk menghadirkan menu terbaru. Semua makanan khas Indonesia kami hadirkan di sini, tentunya dengan sentuhan yang elegan untuk menghasilkan cita rasa yang terbaik," jelas Hamish Lindsay, selaku Executive Chef Fairmont Jakarta.

Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower'Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower' Foto: Restoran 1945/detikFood

Kali ini chef Hamish dan tim memberi sentuhan baru dan premium dengan tetap mempertahankan bumbu asli. Seperti sajian Pecel Kembang. Sajian sayuran ini disajikan dengan beragam sayuran rebus, berikut saus kacang mete dan rempeyek. Sebagai sentuhan ada 7 edible flower dengan warna-warna cantik ditaburkan di atasnya. Sensasi istimewa tercecap saat mengunyah sajian sayur khas Jawa ini.

Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower'Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower' Foto: Restoran 1945/detikFood

Bagi penggemar sate, Restoran 1945 menawarkan Aneka Sate yang terdiri dari sate sapi dari potongan short ribs yang dimasak dengan teknik sous vide selama 72 jam. Sementara sate kambing yang dibentuk bola-bola besar, mirip sate buntel. Semuanya disajikan di atas api arang kayu yang harum.

Rawon sajian khas Jawa Timur yang memakai keluak sebagai bumbu utama disajikan dengan sentuhan modern. Mirip clear soup dengan isian tulang sumsum panggang, tomat cherry, potongan daging sapi berlemak, telur asin dan tauge pendek yang segar.

Chef Hamish dan tim juga menyajikan olahan daging spesial berupa pilihan daging bakar dan panggang. Salah satunya Tomahawk Maranggi, hidangan yang satu ini terinspirasi dari Sate Maranggi khas Purwakarta.

Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower'Chef Hamish Lindsay. Foto: Restoran 1945/detikFood

"Maranggi di sini menggunakan potongan daging Tomahawk yang dimasak dengan bumbu maranggi aromatik, kemudian disajikan dengan ketan uli goreng dan dan tumis jantung pisang sebagai pelengkapnya," jelas Chef Hamish.

Potongan daging Tomahawk sangat lembut dan juicy. Bumbu sate seperti ketumbar, bawang putih dan jejak gula merah meresap ke dalam serat dagingnya. Rasanya semakin enak ketika dimakan dengan tumis jantung pisang yang gurih.

Selain menu daging, Restoran 1945 juga punya menu andalan Ikan Goreng Pecah Kulit. Ikan yang satu ini cukup sulit untuk ditemukan karena sering bersembunyi di antara terumbu karang. Dagingnya kokoh, tebal dengan kulit renyah. Disajikan dengan sambal cabe merah dan saus kacang.

Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower'Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower' Foto: Restoran 1945/detikFood

Puas menyantap aneka hidangan tradisional dengan bumbu autentik, sebagai pencuci mulut ada Tape Tarte Tatin atau pie tape singkong. Rasanya renyah, legit dengan aroma wangi khas tape.

"Tape Tarte Tatin ini merupakan sajian tape yang diolah dengan teknik memasak khas Prancis. Jika di Prancis biasanya menggunakan apel, tapi di sini kami menggunakan tape dalam bentuk crispy puff pastry, disiram dengan saus karamel dan es krim rasa kelapa," ungkap Chef Hamish.

Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower'Sate Maranggi Tomahawk hingga Pecel Bertabur 'Edible Flower' Foto: Restoran 1945

Selain menu di atas Restoran 1945 juga menghadirkan menu Indonesia bergaya bintang lima lainnya. Seperti Salmon Sambal Pecel, Wagyu Beef Cheek Rendang, Ayam Bakar Madu hingga Bomb Alaska Markisa Medan.

Semua menu ini bisa dinikmati di Restoran 1945 untuk makan siang atau makan malam. Karena diterapkan protokol kesehatan secara ketat, jumlah tamu dibatasi. Sebaiknya lakukan reservasi melalui (021) 2970 3333 agar Anda bisa bersantap dengan nyaman.

Baca Juga: 3 Chef Indonesia Sajikan Tempe Berpadu Lobster hingga Burung Dara



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)