Wedangan Mbak Dewi Viral, Rica Ayam Selalu Ludes Dibeli Pelanggan

Kartika Bagus - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 13:00 WIB
Wedangan mbak Dewi Foto: Kartika Bagus / Detikcom
Solo -

Mbak Dewi penjual wedangan hiks di Nusukan Banjarsari Solo viral karena cantik dan ramah. Ternyata ia punya hidangan andalan yang disukai pelanggannya.

Seperti umumnya wedangan hiks, menu yang ditawarkan mbak Dewi juga beragam. Namun menu favorit para pelanggannya adalah Rica -ica ayam yang selalu cepat habis begitu disajikan.

"Rica-rica ayam mas yang paling digemari para pelanggan saya, biasanya paling cepet habis kalau pas saya masak", jelas mbak Dewi saat ditemui detikcom di angkringannya Jumat (28/08) pagi.

Wedangan mbak DewiWedangan mbak Dewi Foto: Kartika Bagus / Detikcom

Baca Juga : Bertemu Mbak Dewi, Penjual Angkringan Cantik yang Viral di Solo

Meskipun namanya rica-rica ayam tetapi jangan membayang seperti rica ayam khas Manado yang berbumbu merah. Rica khas Jawa berkuah kental dengan warna kecokelatan sedikit kuning, aromanya pedas karena memakai banyak merica dan rempah lainnya.

Namun selain rica-rica ayam ada juga oseng oseng tempe, kare, lodeh, oseng kangkung, sayur bayem dan sop. ia tak pernah merencanakan menu secara detil. Tetapi ia selalu menyesuaikan dengan bahan segar yang ada di pasar. Dari bahan tersebut barulah muncul ide untuk diolah menjadi masakan.

Seperti oseng tempe yang menurutnya mudah disiapkan dan rasa gurih pedasnya disukai pelanggannya.
"Oseng oseng tempe, bumbunya brambang, bawang, cabe, lengkuas dan daun salam. Ditumis sampai 15 menit, semua bumbu dimasukan dalam wajan. Tempenya dipilih hari ini yang sudah siap atau matang", jelasnya.

Wedangan mbak DewiWedangan mbak Dewi Foto: Kartika Bagus / Detikcom

Sengatan pedas panas rica rica ayam racikan mbak Dewo jadi favorit Nurul, 24 tahun tetangga Dewi yang biasa membeli menu makanannya. "Pedasnya terasa banget mas cocok untuk makan siang yang panas kayak gini", jelasnya.

Menu lainnya adalah sambel telor dadar, dihargai Rp 6.500. Nasi sayur oseng oseng paling disukai oleh para pelanggan. Pak Yono, 65, pelanggan setianya paling suka sambalnya. "Sambelnya joss..", komentarnya.

Baca Juga : Angkringan Abi Adnan: Nikmatnya Sego Kucing yang Sedep dan Murah Meriah



Simak Video " Bikin Laper: Angkringan Khas Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)