Terpopuler Sepekan

Kuliner Khas Bantul hingga Tempat Makan Berpemandangan Indah di Puncak

Tim detikFood - detikFood Sabtu, 22 Agu 2020 10:45 WIB
Restoran Keren di Puncak Foto: Instagram/Ist
Jakarta -

Bantul, daerah yang dijadikan lokasi syuting film 'Tilik' memiliki ragam kuliner yang khas dan unik. Ada pula rekomendasi restoran di puncak yang menawarkan pemandangan indah.

Kabupaten Bantul, Yogyakarta tengah menjadi perbincangan publik. Itu karena Bantul menjadi latar cerita film 'Tilik' yang tengah viral di media sosial. Menilik daerahnya, Bantul memiliki ragam kuliner khas dan unik yang patut dicoba. Ada apa saja ya?

Melalui sebuah video, pengguna YouTube ini membagikan pengalamannya kala berenang di sumber mata air Aqua. Ya, merek terkenal dari produk air mineral itu memiliki sumber mata air yang berada di Subang, Jawa Barat. Meski kolamnya kecil, tetapi airnya sangat segar dan jernih.

Akhir pekan banyak dimanfaatkan orang-orang untuk berlibur. Tak perlu jauh-jauh, Puncak menjadi destinasi yang paling sering dituju. Sambil liburan, jangan lupa untuk mampir ke tempat kulinernya. Di Puncak ada beberapa restoran yang menawarkan pemandangan indah.

Tiga berita berikut banyak menarik perhatian pembaca dan populer dalam sepekan. Simak informasi lengkapnya agar tidak ketinggalan berita kuliner terpopuler minggu ini.

1. Menilik Kuliner Khas Bantul

Sate klatak, menu khas kuliner di Pleret BantulSate klatak, menu khas kuliner di Pleret Bantul Foto: Bagus Kurniawan/detikcom

Yogyakarta memang surganya kuliner. Termasuk di salah satu Kabupaten Bantul yang kini ramai dibicarakan karena dijadikan lokasi syuting film pendek berjudul 'Tilik'. Film itu viral, karena sosok Bu Tejo yang berperan sebagai biang gosip. Menilik daerahnya, Bantul dikenal memiliki ragam kuliner khas yang unik dan patut dicoba.

Pertama ada Pecel Belut yang bahan utamanya diambil dari persawahan daerah Bantul. Sajian pecel belut itu disajikan dengan berbagai sayuran seperti bayam, daun kenikir, daun pepaya, kacang panjang dan tauge. Kemudian ada Mie Pentil yang populer sebagai ikon kuliner Bantul. Sajiannya berupa mie kuning atau putih yang diberi sambal dan bawang goreng.

Tak ketinggalan Bakmi Lethek dengan ciri khas mienya keruh dan kusam. Meski begitu, rasanya patut diacungi jempol. Ada juga Gudeg Manggar yang terbuat dari bunga pohon kelapa yang masih muda. Terakhir ada Sate Klathak yang menjadi incaran para wisatawan.

Baca Juga : 'Tilik' Jadi Trending, Ini 5 Kuliner Legendaris Bantul yang Bikin Ngiler

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com