Jangan Kehabisan! Jadah Tempe Mbah Carik Buka Sampai Jam 5 Sore

Kristina - detikFood Selasa, 14 Jul 2020 15:00 WIB
jadah tempe Foto: Kristina / detikcom
Sleman -

Jadah tempe mbah Carik merupakan kuliner ikonik di Yogyakarta. Semasa pandemi, warung jadah tempe Mbah Carik buka hanya sampai jam 17.00 WIB saja.

Siapa yang tak mengenal kuliner satu ini? Selain gudeg, sate klatak, wedang ronde, jadah tempe juga termasuk dalam daftar kuliner legendaris khas Yogyakarta khususnya di wilayah Kaliurang, Sleman.

Disajikan dengan kemasan tradisional menggunakan daun pisang, serta tangan-tangan cekatan dari para pelayan menambah kekhasan camilan berbahan kedelai dan beras ketan ini. Di kebanyakan tempat, tempe biasanya diolah menjadi gorengan. Namun, berbeda halnya dengan tempe Mbah Carik satu ini.

jadah tempejadah tempe Foto: Kristina / detikcom

Baca Juga : Sedang di Yogyakarta? Ini 6 Tempat Makan yang Wajib Anda Kunjungi

Tempe diolah dengan cara dibacem bumbu manis. Proses pengolahannya tidak membutuhkan waktu lama karena tempe mudah hancur. Tempe potongan sedang diungkep dengan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, gula merah, dan daun salam serta garam.

Sementara itu, olahan berbahan dasar beras ketan yang akrab disebut jadah, membutuhkan proses yang lebih lama daripada mengolah tempe bacem. Mulai dari perendaman beras ketan kemudian dikukus hingga matang dan ditumbuk halus. Tekstur jadah berbeda-beda. Tergantung durasi masak dan juga proses penghalusannya.

Jadah tempe menjadi kombinasi yang pas dengan ditemani cabe rawit hijau segar. Tak heran jika kemudian lidah akan merasakan perpaduan rasa pedas manis. Makanan tradisional yang dulu menjadi camilan favorit keluarga keraton, kini diburu oleh para pecinta kuliner yang berkunjung ke Yogyakarta.

jadah tempejadah tempe Foto: Kristina / detikcom



Warung Jadah Tempe Mbah Carik juga menyediakan berbagai olahan tradisional lain seperti wajik, tahu, kerupuk tempe, kelanting, dan masih banyak lagi. Tersedia berbagai paket jadah tempe dan juga paket campur lainnya.

Selama pandemi, Warung Jadah Tempe Mbah Carik cabang Kaliurang yang tepatnya berada di Jl Kaliurang KM 15, buka setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB. Di hari normal tutup sampai dengan pukul 21.00. Jadi kalau mau singgah ke sini sebaiknya sebelum jam 17.00.

Baca Juga : 10 Kuliner Jogja yang Enak dan Hits, Kamu Harus Coba!



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)