Nggak Hanya Enak, Kue Duren Asal Bandung Bisa Jaga Imun Tubuh

Content Promotion - detikFood Jumat, 10 Jul 2020 13:32 WIB
Kue Duren Foto: Dok. Kue Duren Kang Epi
Jakarta -

Di situasi darurat pandemi COVID-19, penting bagi setiap individu untuk menerapkan upaya pencegahan dengan menjaga jarak sosial maupun fisik. Selain itu, asupan makanan dan minuman juga mesti diperhatikan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Ada berbagai jenis minuman maupun vitamin di pasaran yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, serta menangkal masuknya virus ke dalam sistem tubuh kita. Namun, saat ini belum banyak produk peningkat imunitas yang dikemas dalam bentuk kue.

Kue Duren Kang Epi hadir sebagai asupan penangkal virus dan imun booster. Kue asal Bandung berbentuk duren mini ini dikembangkan dari dapur Coger Cafe Buahbatu, berlokasi di Jl. Terusan Buahbatu No. 312 Bandung.

Berikut ini produk kue duren yang dikembangkan oleh Kue Duren Kang Epi :

1. Kue Duren Rasa Taro

Kue DurenKue Duren Rasa Taro Foto: Dok. Kue Duren Kang Epi

Kue ini merupakan sajian dengan topping olahan dari bahan ubi ungu atau taro. Ubi ungu atau nama latinnya Ipomoea Ubatatas L, merupakan salah satu pilihan bahan pangan dalam buku saku 'Bahan Pangan Potensial untuk Anti Virus dan Imun Booster' yang diterbitkan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Juni 2020, hal 35. Ubi ungu mengandung senyawa bioaktif yang berfungsi bagi kesehatan, yaitu antosianin, beta karoten, dan serat. Ubi jalar ungu terutama memiliki kandungan antosianin dan senyawa fenol yang tinggi. Antosianin berfungsi menangkal radikal bebas yaitu dengan menghambat produksi radikal bebas atau menginaktivasi radikal bebas yang sudah terbentuk sehingga tidak merusak sistem imun tubuh.

2. Kue Duren Rasa Peuyeum (Tape) Bandung

Kue DurenKue Duren Rasa Peuyem (Tape) Bandung Foto: Dok. Kue Duren Kang Epi

Hadir dengan topping berupa adonan bolu dicampur peuyeum Bandung, yang khasnya adalah balutan lapisan kulit durennya yang berisi herbal jahe merah dan kayu manis yang berfungsi sebagai penangkal virus dan peningkat imun juga. Dalam buku saku yang sama khasiat jahe (Zingiber officinale) adalah antikolesterol, antipembekuan/penggumpalan darah (antithrombotic/anti-platelet), anti-inflammatori (anti-peradangan) serta vaskodilator (pelebar pembuluh darah). Selain itu secara tradisional, jahe dimanfaatkan untuk mengobati batuk, pilek, sakit kepala, gangguan pencernaan serta rematik.

3. Kue Duren Rasa Durian (original)

Kue DurenKue Duren Original Foto: Dok. Kue Duren Kang Epi

Varian ini memiliki topping berupa adonan bolu dicampur durian pilihan yang lezat, di mana kulit kue durennya terbuat dari bolu susu yang renyah dan sangat cocok untuk semua kalangan pencinta durian. Dapat disajikan untuk menemani minum kopi atau teh. Di Cafe Coger Buahbatu, Bandung, makanan ini disajikan bersama kopi manual brew pilihan kami dari barista Coger yang handal.

4. Kue Duren Rasa Bolu Susu

Kue DurenKue Duren Rasa Bolu Susu Foto: Dok. Kue Duren Kang Epi


Varian ini diperuntukkan bagi yang tidak suka durian dan juga asing dengan rempah-rempah. Kue jenis ini hanya bentuknya saja yang berbentuk durian mini tapi memang asli bolu susu, jadi sangat baik untuk anak-anak hingga dewasa.

Kue Duren Kang Epi ini dikemas dalam kotak makanan yang apik dengan lima macam paket. Ada paket mix atau campur rasa, di mana dalam satu kotak berisi keempat rasa tersebut yaitu rasa durian, rasa taro, rasa tape dan rasa susu. Tersedia juga paket satu rasa berisi empat potong kue.

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Harga paket satu rasa mulai dari Rp 40 ribu (paket taro, tape, dan susu), paket mix seharga Rp 42 ribu, serta paket durian saja Rp 48 ribu. Murah dan lezat, ayo cicipi dan nikmati.. Bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh dari Bandung, yummy dan menyenangkan untuk disantap.

Setiap potongan kue memiliki tebal sekitar 3,5 - 4 cm, panjang 10 cm, lebar 8 cm. Satu kue duren paling pas dimakan berdua, dipotong tepat pada tengah bentuk oval kue duren dengan masing-masing mendapat satu sisi topping nya. Bisa juga dipotong menjadi empat bagian, sebagai camilan pendamping kopi. Maknyuss!



Simak Video "Transformasi Kue Bulan yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)