Suka Makan Burger? Intip Dulu Cerita Unik di Balik Sajian Ini

Angga Laraspati - detikFood Jumat, 03 Jul 2020 14:31 WIB
Burger Foto: shutterstock
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu burger? Sajian dengan daging yang diapit oleh 2 roti dan juga isian lainnya, kerap membuat yang melihatnya menelan air liur sendiri. Tapi siapa sangka ternyata sebelum menjadi makanan terpopuler di Amerika Serikat ini, burger memiliki perjalanan yang cukup panjang hingga eksis hingga saat ini. Penasaran?

Dilansir dari History, ini bermula dari tahun 1848 ketika ada guncangan politik di Jerman. Kala itu, banyak orang Jerman khususnya Kota Hamburg yang bermigran ke Amerika Serikat. Karena kota Hamburg dikenal sebagai pengekspor daging dengan kualitas tinggi, banyak restoran yang mulai menawarkan steak cincang 'Hamburg Style'.

Pada pertengahan abad ke-19, di Amerika saat itu olahan sapi daging mentah yang dicacah, dikupas, digiling atau dikikis adalah resep umum untuk masalah pencernaan. Hingga saat itu pada tahun 1867 ada seorang dokter di kota New York yang bernama James H. Salisbury menyarankan roti daging sapi yang dimasak akan sama sehatnya dengan olahan sapi daging mentah. Dari situlah muncul sebuah makanan yang bernama 'Salisbury Steak'.

Bersamaan dengan hal tersebut, penggiling daging mulai populer digunakan di sebagai rumah di Amerika. Dari sinilah Hamburger mulai muncul, mulai dari gerobak, tempat pameran dan restoran pinggir jalan di Wisconsin, Connecticut, Ohio, New York dan Texas semuanya telah diusulkan sebagai tempat yang memungkinkan untuk kelahiran hamburger.

Namun, dari sekian banyak tempat lahirnya Hamburger, sajian ini mulai dikenal oleh masyarakat luas pada tahun 1904 pada sebuah festival St. Louis World's Fair, tidak hanya burger di tempat ini juga banyak dikenalkan makanan lainnya seperti wafel dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu, burger kini menjadi makanan populer dan disajikan oleh berbagai restoran, sebut saja McDonalds, Burger King, hingga Wendy's.

Bagaimana menarik bukan? Kamu pun juga bisa merasakan sajian yang telah berumur tidak lebih dari 100 tahun ini dengan memesannya di GrabFood. Dengan menggunakan GrabFood, kamu bisa menemukan segala macam burger yang sesuai dengan seleramu. Tidak hanya itu saja, GrabFood juga menyediakan berbagai vendor burger yang bermacam-macam!



Simak Video "Merasakan Jadi Kurir Antar Makanan Keliling Kota Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)