Uniknya Bakso Degan, Bakso Dalam Kelapa Muda yang Kenyal Gurih

Erliana Riady - detikFood Kamis, 02 Jul 2020 14:00 WIB
bakso degan Foto: Erliana Riady
Blitar -

Biasanya bakso disajikan dalam mangkuk atau batok kelapa. Yang satu ini bakso disajikan dalam kelapa muda. Rasanya gurih kenyal sekaligus unik!

Bakso degan atau bakso kelapa muda ini, ditawarkan sebuah warung di Jalan Cisadane Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Pemilihan kelapa muda sangat menentukan kualitas rasa daging buah yang berpadu dengan kuah kaldu sapi.

Pemilihan kelapa untuk mangkuk bakso juga melalui beberapa eksperimen. Awalnya dipilih kelapa muda yang sedikit tua. Bagian atas batok kelapa dibuka melingkar, lalu dikeluarkan airnya. Kemudian, diisi beberapa pentol bakso, tahu, siomay kemudian diguyur kuah bakso panas.

bakso deganbakso degan Foto: Erliana Riady


Jadilah bakso degan atau bakso kelapa muda. Bakso didalam kerukan daging buahnya. Daging kelapa muda bisa dikerok dengan alat yang disediakan. Rasa kenyal-kenyal daging kelapa muda begitu menyatu dengan kuah bakso sapi yang gurih. Sensasinya jadi unik dan enak.

"Bapak yang punya ide jualan bakso degan ini. Berharap, jualan yang berbeda dengan yang lainnya. Dan dilihat dari khasiat degan, juga bagus untuk kesehatan," kata sang pedagang, Sufianti kepada detikcom, Kamis (2/7/2020).

Satu porsi bakso degan, Sufianti membandrol seharga Rp 18 ribu. Itu termasuk air degan atau air kelapa muda yang disajikan dengan menambah es batu atau cairan gula.

bakso deganbakso degan Foto: Erliana Riady


Bakso degan atau bakso kelapa muda yang sudah dijual selama delapan bulan ini, banyak diminati warga Blitar. Seorang pelanggan, Fellania mengaku awalnya penasaran dengan rasa bakso yang dituangkan dalam kelapa muda utuh itu.

"Ternyata lebih seger. Jadi rasa daging degan ini bisa menyatu sama kuah bakso yang gurih. Dan rasa daging degannya itu, bisa seperti kikil gitu. Coba deh, ini tuh gak bisa jelas didiskripsikan ya kalau gak merasakan sendiri," pungkasnya.



Simak Video "Penampakan Bakso Degan Blitar yang Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)