Bisnis Kuliner Online

5 Tips Bisnis Kuliner Online dari Penjual 'Bakso Pandemi' yang Laris Manis

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 30 Jun 2020 15:30 WIB
bisnis kuliner Foto: istimewa
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online

4. Kemasan

Cerita Soal 'Bakso Pandemi' yang Eksis di Tengah Corona5 Tips Bisnis Kuliner Online untuk Pemula Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Unsur lainnya yang penting untuk berbisnis kuliner online adalah kemasan. Kemasan harus sesuai dengan tipe makanan yang akan dijual. Diantaranya harus aman untuk makanan, tahan panas, atau lainnya.

Dessy juga menyarankan para pemula untuk memperhatikan unsur satu ini. Apalagi jualannya adalah bakso kemasan. Dessy mengemas Bakso Pandemi menggunakan mangkuk kertas yang aman untuk makanan. Lalu untuk pelengkapnya dikemas satu per satu menggunakan plastik klip.

"Kita harus memikirkan yang namanya packaging. Mulai dari tempatnya, desainnya, dan kehigenisan." tutur Dessy penjual 'Bakso Pandemi'.

Jadi kemasan tersebut harus bisa untuk mejaga kehigenisan makanan. Tentunya agar para pelanggan puas dengan produk yang kita tawarkan.

5. Promosi

5 Tips Bisnis Kuliner Online untuk Pemula5 Tips Bisnis Kuliner Online untuk Pemula Foto: iStock

Tips terakhir untuk berbisnis kuliner online yang harus diperhatikan adalah soal promosi. Saat ini untuk memasarkan suatu produk apalagi via online sangat mudah sekali. Pertama-tama mulai dari orang sekitar saja terlebih dahulu.

Karena orang sekitar bisa memberikan masukan soal produk yang kita jual. Jika sudah mengetahui seperti apa kualitas dari produknya pasti nantinya orang sektiar kita akan membeli lagi dan menyebarluaskannnya. Bisa juga menggunakan media sosial, seperti WhatsApp.

Tinggal unggah di status WhatsApp atau kirim ke beberapa grup, pastinnya produk kita mulai dikenal orang banyak. Setelah itu barulah merambah ke Instagram atau market place lainnya.

Dessy penjual 'Bakso Pandemi' mengatakan, "Promosi itu sekarang gampang banget. Ketika teman-teman kita makan, minta mereka untuk share. Kalau teman kita punya 100 followers saja, otomatis sudah ada sekitar 100 orang juga yang melihat produk kita." Ia juga menyarankan untuk memanfaatkan fitur WhatsApp Business yang praktis.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Masakan Khas Pekalongan"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online