#CoffeeOnTheBus, Tawarkan Sensasi Ngopi di Dalam Bus

Pradito Rida Pertana - detikFood Minggu, 28 Jun 2020 16:30 WIB
CoffeeOnTheBus Foto: dok. detikFood/Pradito Rida Pertana
Yogyakarta -

Berbagai cara ditawarkan pelaku usaha untuk menikmati secangkir kopi, seperti #CoffeeOnTheBus di Yogyakarta. Pengunjung bisa menikmati berbagai jenis kopi sembari berkeliling kota naik bus.

Satu unit bus berwarna oranye tampak terparkir di Jalan Ungaran, Kota Baru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Memasuki bus dengan tempelan stiker #CoffeeOnTheBus pada kaca sampingnya ini tampak kursi-kursi dan meja tertata bak cafe.

Selain itu terdapat pula snack meliputi kue kering, roti, air mineral hingga kacang dan gelas yang tertata rapi di atas meja. Menunjukkan pukul 13.00 WIB, orang-orang mulai masuk ke dalam bus dan duduk di kursi tersebut.

CoffeeOnTheBusCoffeeOnTheBus Foto: dok. detikFood/Pradito Rida Pertana

Selanjutnya bus pun berangkat, di saat itu pula seorang barista mulai menawarkan kopi apa kepada para penumpang. Saat menyajikan kopi, tampak barista yang mengenakan faceshield ini memasang kantung kertas pada gelas.

Selain menawarkan berbagai jenis kopi, barista menawarkan jus kacang hijau dan teh tarik bagi penumpang yang tidak suka kopi. Tak hanya itu, pengelola memasang sekat dari plastik untuk menerapkan jaga jarak.

Sedangkan suasana selama perjalanan sendiri terbilang asyik, penumpang tampak menikmati kopi pesanannya. Selain itu, terdengar beberapa penumpang saling mengobrol dan mengabadikan momen saat menikmati kopi di dalam bus yang tengah mengitari Yogyakarta.

CoffeeOnTheBusCoffeeOnTheBus Foto: dok. detikFood/Pradito Rida Pertana

Kreator #CoffeeOnTheBus, Wiwit Kurniawan (38) mengatakan, bahwa ide ngopi di dalam bus muncul karena melihat banyak orang yang mulai jenuh di rumah. Karena itu dia ingin membuat tempat ngopi yang berbeda dari lainnya.

"Idenya kan karena pandemi (COVID-19) ini kita 4 bulan di rumah bosan, terus akhirnya kita coba bagaimana agar orang bisa ngopi di jalan dengan suasana berbeda, terus kita coba bagaimana kalau di dalam bus bagaimana," katanya saat ditemui detikcom di Jalan Ungaran, Kota Baru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Sabtu (27/6/2020).

CoffeeOnTheBusCoffeeOnTheBus Foto: dok. detikFood/Pradito Rida Pertana

Menurutnya, pemilihan bus sebagai tempat ngopi karena dapat menampung cukup banyak orang saat perjalanan. Selain itu, pengusaha moda transportasi bus ini menilai banyak orang yang belum pernah menikmati kopi di dalam bus yang tengah mengitari Yogyakarta.

"Kalau ngopi di kedai kan sering, tapi ngopi di bus kan sensasinya beda. Selain itu orang-orang kan akan penasaran coba," ucapnya.

Warga Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman ini melanjutkan, untuk rute #CoffeeOnTheBus sendiri mengambil start dari Jalan Ungaran, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Selanjutnya bus melintas Tugu Pal Putih, Kyai Mojo, Bugisan, Pojok Beteng, Kota Gede, JEC, Janti, Jalan Solo dan kembali ke Kota Baru.

Dalam sehari, Wiwit mengaku menyediakan 4 kali perjalanan yakni mulai pukul 10.00 WIB, 13.00 WIB, pukul 16.00 WIB dan pukul 19.00 WIB. Sedangkan estimasi waktu sekali perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam.

"Untuk kuota maksimal 28 orang, tapi rata-rata penikmat kopi ini keluarga ya. Terus kita set 1 meja itu bisa dibagi, jadi yang ingin pisah kita ada sekat sebagai penerapan jaga jarak," katanya.

CoffeeOnTheBusCoffeeOnTheBus Foto: dok. detikFood/Pradito Rida Pertana

Menyoal menu, dia menyebut ada berbagai macam kopi yang ditawarkan. Sedangkan untuk makanan pihaknya menyediakan snack.

"Sebenarnya ini edukasi kopi dan kita ingin perkenalkan kopi bahwa di Yogya ada kopi Merapi. Untuk di dalam (bus) ada berbagai macam jenis kopi, mulai Gayo, Mandalin Sumatera, Solok, Padang, Lampung, terus ada kopi Bandung, Merapi, Ijen, Toraja, Kintamani dan Wamena," katanya.

"Untuk pembuatan kopi sendiri dilakukan secara manual brewing di bus," imbuh Wiwit.

Wiwit menambahkan, bagi masyarakat yang ingin menikmati sensasi tersebut dapat melakukan reservasi di nomor 087738858255. Sedangkan untuk tarif, dia mematok Rp 50 ribu untuk satu orang.

"Untuk hari ini reservasinya sudah penuh semua sampai besok (Minggu 28/6/2020) pagi," ucapnya.

Sementara itu, salah satu penumpang yakni Noer (54) mengaku baru pertama kali ikut dalam #CoffeeOnTheBus. Warga Kecamatan Wirobrajan ini menyebut bahwa dia datang bersama anaknya.

"Ini pertama kali ikut ini dan saya rasa menarik ya, apalagi suasananya di dalam bus nyaman juga," katanya.



Simak Video "Ngopi Unik di Tengah Pandemi COVID-19 dengan #CoffeeOnTheBus"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)