Makan Enak di Era Baru

Restoran di Semarang Pasang Sekat dan Kurangi Menu

Angling Adhitya Purbaya - detikFood Minggu, 14 Jun 2020 09:30 WIB
Restoran di Semarang Pasang Sekat dan Kurangi Menu Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru
Semarang -

Restoran di Kota Semarang sudah menyesuaikan diri dengan persiapan new normal. Berbagai fasilitas disiapkan untuk protokol baru di restoran.

Salah satu restoran yang siap dengan protokol new normal adalah Bellywise di Jalan Wonodri Krajan Kota Semarang. Untuk kenyamanan pengunjung, mereka memasang fasilitas protokol kesehatan, memberikan sekat antar meja, bahkan menghilangkan sejumlah menu.

Pemilik Bellywise di Jalan Wonodri Krajan itu, Faiz Yazid Aulady (25) mengatakan restorannya sempat tutup 3 bulan dan mulai buka lagi akhir Mei 2020 dengan berbagai perubahan.

"Handsanitizer sudah pasti ada. Kita juga kurangi jumlah seat. Semula 70 seat jadi 45 sampai 50 seat. Antar meja juga diberi jarak. Kita juga pasang sekat," kata Faiz kepada detikcom.

Restoran di Semarang Pasang Sekat dan Kurangi MenuRestoran di Semarang Pasang Sekat dan Kurangi Menu Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom




Bahkan ada juga pengurangan menu makanan dari 45 menjadi 30 hidangan. Faiz menjelaskan menu yang dikurangi yaitu makanan dengan persiapan yang lama seperti menu dengan nasi.

"Dari 45 menu jadi 30-an untuk mempersingkat waktu prepare. Menu yang dikurangi nasi dan pasta," ujarnya.

Untuk karyawan, Faiz mengharuskan pemakaian masker, kemudian untuk karyawan di dapur harus menggunakan sarung tangan. Selain itu setelah restoran tutup dilakukan penyemprotan disinfektan.

Restoran di Semarang Pasang Sekat dan Kurangi MenuRestoran di Semarang Pasang Sekat dan Kurangi Menu Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom



"Setelah closing dilakukan penyemprotan setiap hari. Kita juga terpaksa menolak jika penuh agar tidak ada kerumunan, sebisa mungkin tidak ada waiting list," katanya.

Untuk masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Kota Semarang, Faiz mengikuti arahan agar buka mulai pukul 14.00 WIB dan tutup pukul 20.00 WIB.

"Ini inisiatif kami dan memang ada penurunan omzet 40 persen bahkan 60 persen," tandas Faiz.

Dari pantauan detikcom di restoran tersebut, sekat dipasang antar meja. Satu meja diisi untuk 4 kursi. Meja kasir juga dikelilingi sekat dari plastik. Untuk hand sanitizer, juga disediakan botol dengan sistem injak pedal di bagian bawah tanpa sentuhan tangan.



Simak Video "Catat! Aturan Baru Jika Mau Makan di Mal Kota Kasablanka"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/odi)
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru