Intip 5 Kuliner Khas Bali yang Bikin Para Traveler Rindu

Alfi Kholisdinuka - detikFood Sabtu, 13 Jun 2020 12:53 WIB
Angkringan Cak Ri Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Indonesia kini tengah menjalani skenario new normal untuk membangkitkan roda perekonomian. Bali pun jadi proyek percontohan wisata Indonesia saat normal baru diterapkan setelah mati suri imbas pandemi virus Corona yang telah melanda saat ini.

Sekretaris ASITA Bali I Putu Winastra mengatakan saat ini industri dan seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali telah menggodok protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan untuk menyambut kenormalan baru.

"Protokol tersebut akan diterapkan pada setiap sektor pariwisata antara lain transportasi, akomodasi, restoran, dan seluruh objek pariwisata," ujar I Putu beberapa waktu lalu.

Nah buat traveler atau para turis yang siap-siap mau liburan ke Bali di era New Normal nanti, ada lima kulineran khas Bali yang pasti bikin rindu dan nggak banyak kuras dompet dilansir dari Grab Indonesia berikut ini:

Angkringan Cak Ri

Sebagai traveler sejati, masalah keuangan kadang jadi prioritas untuk tetap menikmati liburan meski menekan pengeluaran. Nah, kalau kamu akan berwisata ke Bali saat new normal jangan lupa mampir ke Angkringan Cak Ri.

Angkringan Cak RiAngkringan Cak Ri Foto: instagram.com/info_singaraja

Di sini kamu bisa menikmati 'nasi kucing' atau nasi bungkus seperti di angkringan pada umumnya yang diberi harga Rp6.000. Tempat ini benar-benar recommended dikunjungi traveler dan bikin rindu, karena di samping makanannya worth it, spotnya pun Instagrammable.

Alamat: Jl. A. Yani No.192, Kaliuntu, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81116

Harga: Rp10.000-Rp45.000

Warung Rujak Kerandan

Jalan-jalan di Bali ketika siang bolong di kenormalan baru, paling enak kamu ketemu makanan yang manis, asin, asam, pedas biar nggak ngantuk untuk melanjutkan perjalanan kembali. Kamu bisa singgah ke warung Rujak Kerandan ini.

Angkringan Cak RiAngkringan Cak Ri Foto: Dok. Grab Indonesia

Citarasa rujak khas Bali ini berbeda dengan rujak ibukota. Kamu bisa pilih ragam ruja, karena ada rujak gula, rujak bulung, dan rujak kuah pindang. Harganya juga bersahabat kok dengan kantong backpacker.

Alamat: Pemecutan, West Denpasar, Denpasar City, Bali 80112

Harga: Rp10.000

Baliku Jamur

Harga murah tetapi rasa juara bisa kita cetuskan untuk restoran yang satu ini. Namanya Baliku Jamur atau sering disebut 'Baljam'. Dibuka sejak tahun 2012 silam, 'Mushroom Street Food Specialist' ini menawarkan jajanan yang menggiurkan dan khas Bali.

Angkringan Cak RiAngkringan Cak Ri Foto: Dok. Grab Indonesia

Misalnya, jamur dengan varian rasa mozarella, balado, chicken floss, chessy cream, teriyaki, nuklir, dan bbq. Menu lainnya yang bisa kamu pesan ada chicken wings, hotang, corndog, macaroni, pisang crispy, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.194, Sumerta Kelod, Kec. Denpasar Timur., Kota Denpasar, Bali 80239

Pisang Keju Mamah

Siapa yang rindu juga sama olahan makanan dari buah pisang? Kalau kamu salah satunya, wajib banget deh cobain Pisang Keju Mamah. Berbagai rasanya yang manis dan gurih, bisa kamu cicipi. Mulai dari pisang keju oreo, pisang keju milo, pisang bakar keju coklat, dan beberapa varian dari pisang nugget.

Angkringan Cak RiAngkringan Cak Ri Foto: Dok. Grab Indonesia

Ukurannya pun berbeda-beda, ada yang small, medium, dan large. Bicara soal harga, ya nggak buat kamu bokek kok. Dibanderol mulai dari harga Rp12.000-Rp24.000 bisa puas makan pisang yang ditaburi keju dan kamu juga bisa meminta extra topping, lho. Wah, pastinya mantap!

Alamat: Gg. Mirah Pemecutan 3 No.3, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Barat., Kota Denpasar, Bali 80119

Harga: Rp12.000-Rp24.000

Nasi Jinggo Om Gundul

Nah ini jadi solusi traveler saat dilanda rasa lapar tengah malam. Tenang, spot Nasi Jinggo Om Gundul kasih kamu pilihan makanan yang 'murmer' alias murah meriah. Harganya saja nggak sampai Rp20.000.

Angkringan Cak RiAngkringan Cak Ri Foto: Dok. Grab Indonesia

Banyak pilihan nasi yang dibisa dicicip, ada nasi jinggo semat merah, nasi jinggo semat hijau, nasi jinggo kuning ayam, nasi jinggo kuning sapi, nasi jinggo udang atau nasi jinggo ikan pindang? Semuanya dibanderol dengan harga Rp5.500. Jadi laparkan pasti dan penasaran sama rasanya bagaimana.

Alamat: Jl Imam Bonjol 20 Denpasar Barat Sebelah Br.Celagigendong

Harga: Rp5.500 - Rp20.000

Nah, ke mana pun kamu traveling untuk mencicip kembali cita rasa kuliner khas nusantara, kalau malas ngantre pesan via GrabFood bisa jadi alternatifnya. Selain lebih menghemat waktu dan bisa pilih menu sesukamu kamu juga bisa mendukung lokal resto favoritmu di tengah pandemi ini dengan promo yang menarik.

(prf/ega)