Yummy! Ini 5 Menu Kuliner 'Nyeleneh' Khas Surabaya yang Nikmat

Nurcholis Maarif - detikFood Sabtu, 30 Mei 2020 12:14 WIB
rujak cingur Foto: istimewa
Jakarta -

Arek-arek Suroboyo mungkin sudah mengenal dengan beragam kuliner nyeleneh ini, tetapi tidak untuk pelancong. Untuk itu, deretan kuliner nyeleneh ini patut dicoba biar nggak kehabisan akal saat berwisata kuliner di Kota Pahlawan.

Apalagi di momen pandemi saat ini, membeli kuliner yang disuka bisa juga lho jadi bentuk dukungan terhadap resto kesayangan agar terus hidup di masa sulit. Dilansir dari situs Grab, Sabtu (30/5/2020), berikut 5 kuliner nyeleneh tersebut.

1. Tahu Tek Pak Jayen

'Kenyelenehan' menu di tempat ini sudah populer dan legendaris banget lho. Tahu Tek Pak Jayen, disebut-sebut sebagai yang paling enak di Surabaya. Beberapa food vlogger bahkan pernah berkunjung dan mencicipi makanan di sini.

Yang bikin menu makanan di sini cukup nyeleneh adalah menunya yang bisa kamu custom sesuai selera, misal mau nggak pakai bahan tertentu bisa langsung minta. Untuk harga per porsi dibandrol sekitar antara Rp 11 ribu hingga Rp 18 ribu.

2. Rawon Pak Pangat

Rawon Pak Pangat termasuk dalam jajaran rawon legendaris kota Surabaya. Sebab meski punya nama Rawon Pak Pangat, di sini nggak hanya menyediakan rawon, tapi juga menu lainnya seperti Nasi Rawon Kerengseng, Nasi Kerengseng Kering, dan lainnya. Menu wajib cobanya di sini tentunya Nasi Rawon Suwir.

Youtuber sekaligus jawara Masterchef William Gozali pernah mencoba dan me-review menu Nasi Rawon di Rawon Pak Pangat ini dalam channel YouTube-nya. Untuk harga dibanderol mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 19 ribu aja.

3. Nasi Babat Goreng Madura Mik Da

Di sini bakal jadi surga dunia bagi pencinta jeroan karena menyajikan babat terenak di Surabaya. Yang bikin Nasi Babat Goreng Madura Mik Da nyeleneh adalah porsi yang dibeli via GrabFood dengan datang langsung ternyata beda.

Menurut beberapa pelanggan, beli lewat online di GrabFood biasanya porsinya bakal lebih banyak. Belum lagi pelayanan di sini juga cepat. Buat yang nggak doyan babat, ada menu lain seperti kepala ayam, kepala bebek, usus ayam sampai empal yang dijamin empuk. Harga per porsi dibanderol mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 51 ribu.

4. Nasi Cuhima

Nasi Cuhima Bu Evie wajib masuk dalam list kuliner di Kota Pahlawan. Sebab warung ini siap menawarkan menu nyeleneh yang dijamin enak se-Surabaya. Nama menunya adalah Nasi Cuhima (Cumi Hitam Madura). Cumi yang disajikan dengan alas daun pisang membuat rasa nasi cuminya tambah sedap.

Di sini juga ada pelengkap tambahan lauk seperti empal suwir, paru, babat, telur asin, mie goreng, ikan teri, daging, serundeng, peyek, dan sambal. Warung legendaris yang sudah berdiri sejak 1986 ini juga menawarkan nasi empal suwir dan sego Suroboyo atau nasi campur Madura.

Tenang, harganya ramah di kantor karena per porsi dibanderol mulai Rp 20 ribu sampai Rp 39 ribu aja. Nasi Cuhima Bu Evie ini ada tiga cabang dan sudah ada di GrabFood juga.

5. Rujak Cingur Cak Durasim

Belum lengkap ke Surabaya kalau belum makan rujak cingur. Rujak Cingur Cak Durasim ini wajib dicoba karena termasuk dalam kuliner legendaris Surabaya. Dikenal legend, karena sebut saja misalnya cobek untuk menghaluskan bumbunya saja sudah berusia 74 tahun, mungkin lebih tua dari umur pelanggannya.

Rujak Cingur Cak Durasim ini sudah ada sejak tahun 1942 silam. Yang bikin makin nyeleneh karena namanya bukan berasal dari nama si pemilik, tapi berasal dari nama alamat jalan warung ini yakni Jalan Genteng Durasim.

Harga untuk rujak biasa cukup Rp 17 ribu per porsi, tapi untuk rujak cingur harganya Rp 30 ribu. Selain rujak cingur dan rujak petis, tersedia sop buntut, nasi campur, lontong mie, nasi rawon, gado-gado, dan sayur asem. Nah, pas banget kalau kamu lagi laper langsung aja pesan di GrabFood.

(prf/ega)