Klarifikasi Sushi Tei Atas Kasus Pelayan Usir Pelanggan

Riska Fitria - detikFood Selasa, 26 Mei 2020 20:00 WIB
Klarifikasi Sushi Tei Klarifikasi Sushi Tei Foto: Istimewa
Jakarta -

Beberapa waktu lalu viral pengakuan seorang pelanggan yang mendapat perlakuan tak sopan dari pelayan restoran sushi. Berikut ini klarifikasinya.

Melalui unggahan di Instagramnya, seorang pelanggan bernama Selly menyampaikan rasa kecewanya saat mengunjungi restoran sushi terkenal, Sushi Tei di Palembang.

Dalam unggahannya tersebut, ia menceritakan runtutan kejadian di mana ia dan dua orang temannya saat itu mengunjungi restoran Suhsi Tei untuk berbuka puasa.

Namun, mereka mengaku pesanannya tak kunjung datang bahkan hingga menjelang waktu berbuka. Selly juga menuliskan bahwa mereka membatalkan pesanan terakhir dan memutuskan untuk close bill, karena dianggap terlalu lama.

Klarifikasi Sushi TeiUnggahan pelanggan yang komplain Foto: Instagram @Sellyca

Selly kemudian melayangkan komplain kepada pelayan restoran di sana. Namun, Selly menyebut bahwa pelayan tersebut justru memanggil satpam untuk mengusir ia dan temannya.

Tim detikFood telah mencoba menghubungi Selly melalui pesan di Instagram pada Kamis (21/05). Namun, hingga sampai saat ini masih belum ada tanggapan.

Baca Juga : Viral Tamu Diusir Saat Makan di Resto Sushi, Ini 5 Perlakukan Tak Sopan Pelayan Restoran

Dalam kasus ini, Direktur Sushi Tei Indonesia, Sonny Kurniawan menyampaikan klarifikasinya secara tertulis pada detikfood melalui email pada tanggal 22 Mei 2020. Berikut kronologi kejadian berdasarkan penuturan pramusaji.

Klarifikasi Sushi TeiIlustrasi sushi Foto: iStock

• Tamu (di Detik Food disebutkan bernama Selly) datang bersama 2 temannya sekitar pukul 5.10 dan duduk di meja 8.

• Saat itu mereka langsung dilayani oleh Rizka Wulandarai dan memesan spicy salmon soup, tori tempura teriyaki roll, nori tempura, fuji roll dan 3 ocha dingin.

• Kurang lebih 30 menit setelah pemesanan, tamu tersebut menanyakan orderannya ke pramusaji lain, Muhammad Rizal.

• Tidak lama setelah buka puasa tamu tersebut memanggil Muh Rizal menanyakan 1 pesanan yang belum disajikan, yaitu fuji roll.

• Rizal menjawab, bahwa fuji rollnya sedang diproses karena kondisi lagi ramai, kemudian tamu memesan tambahan menu yaitu Kani Mentai Mayo Roll dan langsung di-input ke POS.

• Setelah order tambahan tersebut, kurang lebih 10 menit, tamu tersebut kembali memanggil Muhammad Rizal untuk menanyakan orderan yang pertama (fuji roll) dan orderan tambahan (kani mayo mentai roll), dan mengatakan kalau masih lama akan dibatalkan dan meminta bill pembayaran.

• Rizal kemudian mencetakkan bill dan menjelaskan ke tamu tersebut kalau fuji roll dan kani mayo mentai roll sudah dibatalkan.

• Kemudian tamu tersebut bilang ke Rizal "kok lama banget makanannya keluar dan pelayanannya buruk".

• Rizal langsung meminta maaf, tetapi tamu tersebut masih tetap complain, jadi Ia menyarankan untuk menulis keluhannya di guest comment.

• Kemudian Rizal menuju ke kasir karena ada tamu yang akan membayar (kondisi saat itu, kasir sedang salat magrib) jadi Ia membantu untuk backup kasir.

• Setelah menyelesaikan transaksi tamu lain, tamu yang complaint (a/n Selly) tadi datang ke kasir untuk melakukan pembayaran. Namun tamu tersebut melanjutkan complaint-nya di meja kasir dan seorang temannya melempar tisu bekas lap tangannya ke arah Rizal, namun tidak mengenainya.

• Karena Rizal tidak ada respon, tamu yang complaint tadi memaki Rizal mengatakan Rizal tidak dididik orangtuanya dan sangat tidak berpendidikan.

• Rizal tetap diam takut tersulut emosi, dan takut mengganggu tamu lain yang sedang makan, akhirnya ia memutuskan untuk memanggil security.

• Rizal mengatakan ke tamu tersebut kalau sudah mengganggunya bekerja. Itulah yang menjadi puncak kemarahan tamu tersebut ditambah datangnya security untuk membantu mengamankan.

• Tamu tersebut mengancam akan membuat video dan memviralkan, karena tamu tersebut mengaku punya kenalan orang sushi tei.

• Tamu tersebut membuat video dibantu oleh temannya ke arah food runner sambil menghentakkan tangannya ke meja runner, yang membuat tamu lain melihat ke arah food runner.

• Tidak lama setelah itu tamu pulang dengan keadaan marah.

Baca Juga : Berlaku Tak Sopan, Pengunjung Ini Dilempar Kue oleh Pelayan Restoran



Simak Video "Seru Banget! Racik Sushi Sendiri dengan 100 Pilihan Isian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)