3 Makanan Kaya Kalsium Bantu Jaga Tulang Anak Tetap Kuat

Abu Ubaidillah - detikFood Sabtu, 23 Mei 2020 10:24 WIB
Makanan sehat untuk anak Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tulang yang kuat merupakan kunci hidup sehat dan masa anak-anak merupakan masa yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan tulang. Menjaga tulang tetap kuat sangat penting dilakukan sedini mungkin agar tidak mudah rapuh di hari tua.

Untuk menjaga tulang tetap kuat, caranya adalah dengan memenuhi asupan vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari pagi dan mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya kalsium. Meski direkomendasikan untuk anak-anak karena sedang dalam masa pertumbuhan, mengonsumsi makanan atau minuman kaya kalsium juga bisa dilakukan saat remaja maupun dewasa.

Makanan dan Minuman yang Kaya Kalsium untuk Jaga Tulang Tetap Kuat

Minuman kaya kalsium sudah banyak yang tahu, yakni susu atau yoghurt, namun bagaimana dengan makanannya? berikut adalah beberapa rekomendasi makanan yang kaya kalsium seperti dilansir dari International Osteoporosis Foundation.

1. Keju

Makanan manis ini merupakan makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan dengan bantuan bakteri tertentu. Keju ada banyak macam, mulai dari krim, mozzarella, dan lain-lain dengan kandungan kalsium yang berbeda pula mulai dari 138mg - 270 mg per 60 gr.

2. Kacang

Kacang-kacangan juga merupakan sumber makanan kaya kalsium yang tinggi, terutama kacang putih yang mengandung 132 mg kalsium per 200 gr sajian. Selain itu buncis, kacang hijau, dan kacang merah juga mengandung kalsium yang tinggi dan baik untuk pertumbuhan tulang.

3. Daging, Ikan, Telur

Daging, khususnya daging ikan merupakan makanan yang juga tinggi kalsium. Makanan ini sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, terutama sarden yang merupakan jenis ikan dengan kalsium tinggi mencapai 240 mg per 60 gr sajian.

Itulah tiga jenis makanan yang kaya akan kalsium dan bisa bantu jaga tulang tetap kuat. Bagi yang ingin mengonsumsi makanan tersebut, terutama ikan seperti sarden, pilihlah ikan sarden yang segar agar mendapat manfaat maksimal.

Sarden yang direkomendasikan adalah sarden ABC yang dibuat tanpa bahan pengawet dan mengandung nutrisi kalsium yang tinggi. Selain itu, sarden ABC juga mengandung protein, vitamin B12, hingga omega 3 & 6 yang baik untuk tubuh.

#MasakSehatAlaSardenABC menjadi semakin nikmat dengan berbagai pilihan varian rasa mulai dari rasa tomat, pedas, hingga ekstra pedas. Sarden ABC cocok dijadikan makanan sehat saat di rumah aja untuk si kecil.

(prf/ega)