Tak Berbeda dari Menu Lebaran, Makanan Ini Ada di Perayaan Nyepi

Angga Laraspati - detikFood Sabtu, 25 Apr 2020 11:02 WIB
Mola TV Foto: Dok. Mola TV
Jakarta -

Indonesia memiliki masyarakat dengan latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari agama, ras, hingga daerah. Bahkan juga memiliki berbagai macam kuliner yang pastinya berbeda-beda di masing-masing daerah.

Namun, di balik perbedaan tersebut ada satu persamaan yang bisa ditemukan, yaitu makanan yang disajikan pada saat hari besar. Banyak yang tidak mengetahuinya, ternyata makanan pada perayaan Hari Besar Nyepi bagi umat Hindu tidak jauh berbeda dengan makanan yang disajikan pada saat Lebaran umat Islam.

Hal itulah yang dirasakan oleh Happy Salma ketika membantu mempersiapkan makanan untuk perayaan Hari Raya Nyepi beberapa waktu lalu. Makanan yang dipersiapkan pun tidak jauh berbeda ketika Lebaran, yaitu ketupat, sayur nangka, kacang saur, dan juga ayam goreng.

Sambil menunggu masakan selesai, Happy mencicipi bawang goreng yang diracik menggunakan kunyit sehingga rasanya lebih gurih dan juga lezat. Memang bagi umat hindu, perayaan Nyepi merupakan acara yang paling penting. Identik dengan kesunyian dan kesenyapan, masyarakat Hindu khususnya yang berada di Bali tidak diperbolehkan beraktivitas. Karena itulah ia bersama Maya dan Gung Niang menyiapkan makanan untuk mereka hidangkan di Hari Raya Nyepi.

Kira-kira apalagi ya yang dilakukan oleh Happy? Intip keseruan Happy dalam mempersiapkan makanan dan juga melakukan aktivitas sebelum Hari Raya Nyepi di acara Masakan Rumah: Hidangan Hari Nyepi di Mola TV.

Acara ini dapat dilihat di paket Corona Care Mola TV. Ini adalah suatu program yang di mana Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli melalui Corona Care, sebuah program yang bertujuan untuk membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.

Program ini dapat disaksikan juga dengan memberikan sumbangan yang beragam mulai dari Rp 0 hingga Rp 50.000. Nantinya setiap sumbangan tersebut akan digandakan Mola TV dan disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan wabah virus Corona.

(prf/ega)