Ini Definisi Kopi Nikmat Menurut Tester Kopi Kelas Dunia

Angga Laraspati - detikFood Kamis, 23 Apr 2020 11:57 WIB
Kopi Foto: iStock
Jakarta -

Kopi,minuman yang bisa dinikmati oleh segala umur orang dewasa ini memiliki rasa yang beraneka ragam. Namun, sebenarnya bagaimana sih kriteria kopi yang nikmat itu?

Seorang tester kopi kelas dunia, Setiawan Subekti mengungkapkan kopi memang memiliki berbagai macam rasa, yang terpenting kopi itu jangan sampai pahit. Sehingga kopi mempunyai rasa yang nikmat untuk lidah masing-masing orang.

"Asal kopinya diproses dengan cara yang baik dan benar, prosesnya itu mulai dari menanam. Kualitas bibitnya harus yang bagus, prosesnya, panennya, pasca panen, proses pengeringannya, penyimpanannya sampai roostingnya itu harus diproses dengan cara yang baik dan benar," ujar Iwan dalam acara Blusukan Butet Kartaredjasa di Mola TV.

Dirinya yang juga memiliki bisnis agrikultur kopi juga mempunyai penyangrai kopi yang masih dijalankan secara tradisional. Ketika ditanya mengapa masih menggunakan teknik tradisional, dirinya dengan tegas menjawab bahwa teknik tersebut dapat menghasilkan kopi yang berkualitas dengan catatan harus diproses secara baik dan benar.

"Selama ini kan orang kalau menyangrai kopi harus sampai hitam. Kopi itu sudah tidak hitam dan pahit, ini (kopi yang disangrai) tidak perlu sampai hitam. Jadi kopi itu ada mentah, matang dan gosong, ini menyangrainya sampai matang saja," jelas Iwan.

Wah menarik sekali ya, ternyata kopi yang nikmat itu harus diproses secara baik dan benar, agar menghasilkan kopi yang berkualitas. Iwan juga mengatakan kalau kopi itu ternyata menyehatkan juga loh. Penasaran dengan perbincangan apalagi yang dilakukan oleh Iwan dan juga Butet Kartaredjasa? Anda bisa menyaksikannya di acara Blusukan Butet Kartaredjasa: Setiawan Subekti di Mola TV.

Acara ini dapat dilihat di paket Corona Care Mola TV. Ini adalah suatu program yang di mana Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli melalui Corona Care, sebuah program yang bertujuan untuk membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.

Program ini dapat disaksikan juga dengan memberikan sumbangan yang beragam mulai dari Rp 0 hingga Rp 50.000. Nantinya setiap sumbangan tersebut akan digandakan Mola TV dan disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan wabah virus Corona.

(prf/ega)