Physical Distancing, Ini Cara Abang Ojol Antar Makanan ke Pelanggan

Abu Ubaidillah - detikFood Minggu, 29 Mar 2020 12:40 WIB
Grab Foto: Grab
Jakarta -

Pandemi virus Corona (Covid-19) masih terus berlanjut di Indonesia. Physical distancing atau menjaga jarak fisik antar manusia merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Namun, sebagai makhluk sosial tentu manusia tak bisa hidup sendiri. Manusia tetap membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, terutama kebutuhan soal makanan dan minuman.

Hal inilah yang disadari oleh salah satu mitra GrabFood, Rahmat Hidayat. Dirinya masih tetap bekerja mengantar makanan ke pelanggan-pelanggan setianya meski banyak masyarakat yang memilih bekerja dari rumah (work from home).

"Aku antar ke mana yang perlu dianter makanan. Jalanan sepi jadi bisa cepat mengantar yang jauh," ujar Rahmat dalam keterangan tertulis, Minggu (29/3/2020).

Bukan hanya soal penghasilan, pekerjaan ini tetap dilakukannya sebagai salah satu upaya untuk tetap mengambil peran di tengah situasi pandemi ini serta membantu teman-temannya yang berada di rumah.

"Aku dengar cerita ada yang pesan eh terus kasih ke driver. Aku itu terharu karena teman-teman driver berjuang buat penghasilannya," kisahnya.

Cerita tersebut membangkitkan semangatnya karena perannya dihargai. Namun demikian, ia tetap memperhatikan kesehatan serta keselamatan dirinya dan juga pelanggannya, terutama agar makanan yang diantar bebas dari Covid-19.

Untuk itu, Rahmat selalu mengikuti panduan Pengantaran Tanpa Kontak yang dianjurkan oleh GrabFood. Melalui layanan ini, pelanggan dapat melakukan permintaan khusus pengantaran GrabFood tanpa kontak kepada mitra pengemudi.

Caranya adalah dengan meletakkan pesanan makanan di depan pintu rumah, pagar rumah, atau tempat yang disepakati melalui fitur GrabChat. Selain mengikuti panduan Pengantaran Tanpa Kontak dari GrabFood, Rahmat juga memiliki beberapa tips lain agar pesanan untuk pelanggan tetap aman dan sehat, seperti sanitasi tas, menyiapkan hand sanitizer, sarung tangan, serta masker.

"Sangat membantu sekali. Di saat sama-sama sulit, banyak orang yang masih mau saling bantu," lanjutnya.

Hal ini dilakukan agar dia dan para pelanggan tetap terjaga dari paparan virus corona. Layanan pesan antar tanpa kontak dari GrabFood ini mulai dapat digunakan sejak 17 Maret 2020 dan berlaku di setiap kota yang telah memiliki layanan GrabFood dan GrabExpress.



Simak Video "Merasakan Jadi Kurir Antar Makanan Keliling Kota Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)