Jalan-jalan ke Medan, Wajib Cicipi Kwetiau Beras & Mie Sop Ini

Faidah Umu Sofuroh - detikFood Minggu, 22 Mar 2020 11:53 WIB
Mie Sop Coco Medan Foto: dok grab
Jakarta -

Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang punya banyak cerita. Di sini merupakan salah satu kota yang digemari para pendatang dari berbagai suku dan etnis. Sebagai kota multietnis, banyak para pendatang yang menjadikan Medan sebagai rumah baru.

Sebagai perantau, pasti ada suatu masa saat rindu dengan kampung halamannya. Para pendatang ini pun melakukan eksperimen terhadap kuliner, sehingga bisa mengobati kerinduan akan kampung halamannya.

Banyak menu kuliner menarik di Medan, salah satunya yakni kuliner Tionghoa. Etnis Tionghoa yang ada di Medan memang banyak yang bermukim kemudian membawa beberapa tradisi termasuk di bidang kuliner.

Jika kamu berkunjung ke Medan, kamu wajib sambangi tempat kuliner legendaris seperti Kwetiau Beras Kai Seng dan Mie Sop Coco.

Kwetiau Beras Kai Seng

Tempat makan ini berada di Jalan Gaharu, Medan. Konon, Kwetiau Beras Kai Seng ini sangat terkenal dari Tebing Tinggi. Tempat makan ini juga sudah berdiri sejak 1950-an. Dengan resep rahasia dari nenek moyang, Kwetiau Beras Kai Seng berhasil memikat lidah masyarakat Medan.

 Kwetiau Beras Kai Seng Medan Kwetiau Beras Kai Seng Medan Foto: dok grab

Dilihat dari bentuknya, kwetiau ini punya warna yang lebih putih dibandingkan dengan kwetiau Medan pada umumnya yang berwarna bening dan lebih chewy. Ada aroma gosong dari telur bebek yang ada dalam menu kwetiau goreng ini.

Selain itu, ada lapcheong yang digunakan sebagai topping dari kwetiau. Rasa lapcheong-nya bukan cuma gurih, ada asinnya, ada manisnya, dan manisnya lebih seperti rasa karamel. Perpaduan lapcheong dan kwetiau ini menjadi satu kesatuan makanan yang luar biasa.

Mie Sop Coco

Mie Sop COco berbeda dengan mie sop Medan pada umumnya yang menggunakan daging sapi sebagai isiannya. Mie Sop Coco memilih ayam sebagai bahan baku menu yang menggugah selera ini. Selain ayam, ada tiga sumber karbohidrat yang ada di dalamnya antara lain, bihun, mie kuning dan kwetiau.

 Mie Sop Coco Medan Mie Sop Coco Medan Foto: dok grab

Meski warna kuahnya sedikit keruh, tapi rasanya sangat enak, ada cita rasa manis, gurih dan kaya akan rempah-rempah. Apalagi jika ditambahkan sambal hijau yang pedas, kelezatan menu mie sop yang satu ini taka ada tandingannya. Untuk isian, pembeli bisa memilih varian tahu bakso, bakso dan ayam.

Buat kamu yang lagi ke Medan, dua makanan itu merupakan makanan yang wajib ada di list kuliner yang kamu coba. Namun, buat yang mager keluar untuk membeli langsung, jangan khawatir, karena Kwetiau Beras Kai Seng dan Mie Sop Coco tersedia di GrabFood. Tinggal pesan, makan GrabFood akan segera mengantar pesananmu.



Simak Video "Merasakan Jadi Kurir Antar Makanan Keliling Kota Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)