Ini Midye Dolma, Kerang Remis Isi Nasi Berempah yang Khas dari Turki

Ifa Karmidi - detikFood Jumat, 20 Mar 2020 11:30 WIB
Midye Dolma Foto: Ifa Karmidi
Turki -

Turki punya olahan kerang khas yang sayang dilewatkan. Bernama Midye Dolma, kerang remis diisi nasi berempah yang nikmat rasanya.

Kerang tidak cuma jadi olahan seafood yang digemari di Indonesia. Di Turki, ada midye dolma atau kerang remis isi yang juga layak dicoba. Dibuat dari remis berdaging jingga yang diisi dengan nasi berempah. Menu ini tidak hanya mengundang selera tetapi juga mudah ditemukan.

Hampir di setiap sudut kota akan ada pedagang kaki lima yang menjual remis bercangkang hijau kehitaman ini di atas tampah berkaki. Cukup menghampiri pedagang, ia akan segera membuka cangkang remis. Kemudian menggunakan satu sisi cangkang untuk menyendok nasi yang berada di sisi cangkang lainnya dan mengucurkan perasan lemon. Gurihnya nasi berpadu dengan kenyalnya remis siap meluncur ke mulut.

Ini Midye Dolma, Kerang Remis Isi Nasi Berempah yang Khas dari TurkiFoto: Ifa Karmidi

Midye dolma tidak hanya dijajakan di kaki lima, rumah makan sederhana hingga restoran kelas atas pun menawarkannya. Pada dasarnya, midye dolma dibuat dari kerang remis berdaging jingga dan nasi yang dibumbui thyme, merica Jamaika, jinten, bawang bombay, dan minyak zaitun yang direbus dengan sedikit air bersama irisan lemon. Namun yang lebih mahal biasanya juga diisi kacang pinus atau kismis Zante.

Uniknya, meski banyak dijual dan cukup diminati, midye dolma juga kerap dijauhi. Mari simak fakta-fakta kudapan satu ini.

Hanya Makanan Kecil Meskipun Berisi Nasi

Bila mencarinya di restoran, carilah dalam daftar meze atau appetizer karena biasanya midye dolma digolongkan sebagai makanan pembuka di restoran seafood. Namun, tak sedikit orang yang juga sangat menikmatinya sebagai makanan utama, terlebih orang Indonesia yang tak bisa terpisahkan dari nasi. Tak jarang juga yang menyantapnya sebagai pengganjal perut sebelum melahap makanan yang porsinya lebih besar.

Ini Midye Dolma, Kerang Remis Isi Nasi Berempah yang Khas dari TurkiFoto: Shutterstock

Teman Minum Alkohol

Paduan rasa midye dolma yang gurih, manis, dan asam dari perasan lemon membuatnya menjadi pendamping yang tepat saat minum rakı, minuman beralkohol dari adas manis. Seperti halnya keju dengan wine, midye dolma juga hampir selalu ada sebagai salah satu menu pendamping rakı.

Antara Cinta, Jijik, atau Terlarang

Di tengah dominasi makanan berbahan dasar daging dan ayam, midye dolma menjadi alternatif yang menarik. Sayangnya, tidak semua orang lokal memberikan tanggapan baik pada kuliner ini. Ada yang berpendapat bahwa kerang remis adalah hewan yang kotor. Beberapa orang juga menganggapnya memiliki bentuk yang aneh, membuatnya tampak seperti alien menjijikkan.
Akan tetapi, yang tidak terduga adalah adanya pernyataan haram atau terlarang terhadap kerang remis sebagai makanan. Ternyata hukum ini berhubungan dengan mahzab atau aliran Islam mayoritas yang dianut oleh masyarakat Turki yakni Hanafi. Dalam Islam Hanafi, makanan laut selain yang berbentuk ikan tidak boleh dikonsumsi.

Ini Midye Dolma, Kerang Remis Isi Nasi Berempah yang Khas dari TurkiFoto: Shutterstock

Membahayakan Kesehatan

Banyak orang menganggap midye dolma, khususnya yang dijajakan di pinggir jalan, sering kali tidak terjamin kualitasnya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Ankara, ibu kota Turki, mendapati 50% midye dolma yang dijajakan di jalan berisiko dari segi kesehatan karena kandungan metal dan bakteri. Tapi nyatanya, masih banyak midye dolma yang terus dijual dan disantap setiap harinya.

Tersebar di Berbagai Tempat dan Kalangan

Bila ingin yang murah dan cepat, midye dolma biasanya dijual di kios cepat saji bersama dengan kokoreç (sandwich isi jeroan). Namun bila ingin yang dagingnya lebih segar dan citarasa yang lebih melimpah, olahan kerang ini bisa ditemukan di restoran yang dekat dengan daerah pantai, khususnya di sekitar Laut Aegea. Sementara bila lapar saat jalan-jalan, penjual midye dolma pinggir jalan siap melayani anda sepanjang siang hingga dini hari. Jadi, tertarik mencobanya?



Simak Video "Kenyal-kenyal Pedas Kerang Kepah yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)