6 Camilan Wajib Ada di Rumah Selama Social Distancing Gegara Corona

Faidah Umu Sofuroh - detikFood Kamis, 19 Mar 2020 17:27 WIB
Es krim Foto: Shutterstock
Jakarta -

Penyebaran pandemi corona semakin luas hingga saat ini. Laporan terakhir dari pemerintah, tercatat 309 pasien yang positif terkena virus corona (COVID-19). Bahkan pemerintah pun sudah mengeluarkan instruksi untuk melakukan segala kegiatan dari rumah.

Berbagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh juga harus dilakukan seperti cuci tangan dengan sabun, makan makanan yang sehat dan baik bagi tubuh. Bagi yang sedang berada di rumah, pastinya stok makanan harus selalu tersedia dikarenakan waktu untuk keluar rumah sekarang dibatasi.

Hal ini untuk mencegah penyebaran virus semakin meluas dari sebelumnya. Adapun bagi yang sedang bekerja maupun belajar pastinya camilan menjadi pilihan untuk menemani setiap kegiatan.

Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa camilan sehat yang harus ada di rumahmu, berikut di antaranya:

Buah-buahan

Ada beberapa orang yang menjadikan buah sebagai camilan mereka sehari-hari. Memang buah-buahan merupakan sajian yang sehat dan tentunya enak untuk dikonsumsi. Apalagi ketika buah-buahan yang ada di rumah disajikan dengan cara yang berbeda, seperti salad buah, jus, es buah, dan berbagai macam hidangan yang berbahan dasar buah lainnya.

Kue Jahe

Jahe mempunyai segudang manfaat bila dikonsumsi dan memang salah satu yang paling dicari-cari saat ini untuk menghadapi virus corona adalah jahe. Jahe dinilai mempunyai caranya tersendiri untuk menghangatkan tubuh dan menghindari sakit tenggorokan karena efek dari hangatnya jahe tersebut.

Jahe pun dapat dijadikan bahan untuk membuat satu sajian enak yaitu kue jahe. Dengan menambahkan sedikit bahan-bahan lainnya, satu buah kue jahe siap untuk dijadikan camilan saat mengisi waktu luang.

Pancake

Pancake merupakan camilan yang biasa ditemui di berbagai restoran, makanan dengan bahan dasar terigu dan telur ini bisa menjadi pilihan untuk menemani saat bekerja dari rumah. Biasanya pancake disajikan dengan saus maple atau madu.

Tetapi dalam menghadapi Corona ada baiknya untuk mengonsumsinya bersama dengan madu. Ini dikarenakan madu memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh dan juga mempunyai kekuatan sebagai antibakteri dan antivirus.

Ubi Jalar

Ubi Jalar mempunyai kandungan yang baik bagi tubuh, karena vitamin A sebanyak 150 persen lebih banyak dari vitamin A harian. Ubi jalar pun dapat dikonsumsi dengan cara dipanggang ataupun digoreng. Selain rasanya yang manis, ubi jalar juga punya rasa yang unik. Ditambah dengan teh manis hangat akan menambahkan rasa nikmat saat dikonsumsi.

Kacang Almond

Kacang-kacangan memiliki segudang manfaat bagi tubuh, tak terkecuali kacang almond. Dikutip dari indian Express, seorang peneliti dari Universitas Florida, Amerika Serikat, Alyssa Burns mengatakan Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial vitamin E dan magnesium.

Selain itu, kacang almond juga mudah dikreasikan dengan makanan lain seperti kue, coklat, hingga minuman seperti susu dan kopi.

Es Krim

Banyak orang yang berpikir bahwa es krim adalah penyebab batuk dan flu. Padahal, penyebab penyakit tersebut karena lemahnya daya tahan atau imunitas tubuh. Es krim justru dibuat dari bahan baku yang baik bagi tubuh seperti susu dan krim yang kaya akan kalsium, protein, kalium, fosfor dan juga vitamin.

Es krim ternyata memilki sejuta manfaat. Es krim diketahui mengandung protein, kalsium dan vitamin. Seorang Ahli Gizi, Sara Kahn, menyebutkan makanan yang mengandung protein sangat penting untuk kesehatan otak. Selain itu juga bisa berpengaruh pada keseimbangan mental yang
sehat.

Ahli Gizi lain, Jansen Ongko, Msc, RD, juga mengatakan kandungan kalsium yang ada pada es krim baik untuk kebutuhan anak. Es krim juga bisa jadi pengganti susu jika anak enggan minum susu.

"Kalsium yang ada pada es krim cukup tinggi yaitu sekitar 13 persen dari kebutuhan harian anak. Es krim boleh saja diberikan pada anak jika ia enggan minum susu. Sehingga es krim dapat dijadikan sebagai pengganti susu," kata Jansen.

Dilansir dari frozendessertsupplies.com, es krim menstimulasi serotonin. Serotonin di dalam otak yang dapat membantu kamu untuk tidur, belajar dan mood yang stabil.

6 Camilan Wajib Ada di Rumah Selama Social Distancing Gegara CoronaFoto: Dok. AICE

Sedangkan Psikolog, Ayoe Sutomo, mengungkapkan es krim bisa memberikan energi positif terhadap tubuh. Tak heran setelah makan es krim kamu merasa lebih bersemangat dan lebih aktif. Dengan memakan es krim kamu akan mendapat mood booster untuk menjalani aktivitas.

"Beberapa riset menunjukkan saat makan es krim, ada bagian di otak kita yang bertanggung jawab pada emosi diri yang bekerja lebih aktif," kata Ayoe.

Makanya, es krim bisa jadi salah satu pilihan camilan yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa saat masa social distancing seperti sekarang ketika pandemi COVID-19 melanda Nusantara.

Kalau kamu merasa bosan karena di rumah berhari-hari ini dalam rangka isolasi diri dan social distancing beberapa waktu ke depan, es krim bisa membuat suasana hati menjadi lebih bahagia dan membuat semangat lagi menjalani aktivitas meski hanya di dalam rumah.

Enaknya lagi, buat beli es krim kamu nggak perlu jauh-jauh ke supermarket. Es krim juga bisa kamu temukan dengan mudah di warung sekitar rumah. Ini membuat kamu lebih minim terpapar virus karena tidak perlu pergi jauh bertemu banyak orang di suparmarket misalnya. Lebih aman dong ya!

(prf/mpr)