Sekolah Diliburkan, Guru Tetap Kirimkan Makanan Gratis untuk Anak Didik

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 15 Mar 2020 14:30 WIB
sekolah diliburkan guru tetap kirim makanan ke anak didik Foto: Istimewa
Jakarta -

Karena virus corona pemerintah India meliburkan sekolah. Tapi banyak guru tetap kirimkan makanan gratis untuk anak-anak agar tak kelaparan.

Ada lebih dari 74 kasus virus corona di India dan lebih dari 4,180 orang dalam tahap observasi. Serta 3,190 orang yang dikarantina di rumah karena wabah yang satu ini.

Pemerintah India juga sudah meliburkan semua sekolah hingga universitas dan memasuki tahap 'lockdown' hingga tanggal 31 Maret mendatang. Dilansir Storypick (15/03), pemerintah India juga menyarankan agar warganya menunda acara pernikahan hingga acara agama lainnya untuk menghindari penyebaran virus corona.

Baca Juga: Diduga Jadi Penyebar Virus Corona, Trenggiling Populer Dibuat Sup

Sekolah Diliburkan, Guru Tetap Kirimkan Makanan Gratis untuk Anak DidikFoto: Istimewa


"Pemerintah India memutuskan untuk meliburkan semua sekolah dari kelas 1 hingga 7. Hanya siswa kelas 8 dan kelas 9 yang diwajibkan untuk datang ke sekolah saat ujian dimulai. Sementara siswa kelas 10 diperbolehkan mengikuti ujian," jelas Pinarayi Vijayan selaku perwakilan dari pemerintah India.

Meski sekolah diliburkan tapi itu semua tidak membuat semangat para guru padam. Banyak guru di wilayah Anganwadi, Kerala, masih mengirimkan makanan gratis untuk para muridnya ke rumah mereka langsung.

"Momen yang tak terlupakan. Anak kecil ini sangat bahagia ketika melihat gurunya datang ke rumahnya untuk mengantarkan makan siang, imbas dari virus corona yang menyebabkan sekolah diliburkan di Kerala," tulis netizen bernama Liz Mathew.

Sekolah Diliburkan, Guru Tetap Kirimkan Makanan Gratis untuk Anak DidikFoto: Istimewa



Dalam foto tersebut terlihat seorang guru yang tengah memeluk muridnya sambil membawakan tas berisi menu makan siang. Banyak guru yang melakukan hal ini karena mereka tidak ingin para murid yang mengandalkan makanan gratis dari sekolah menjadi kelaparan setelah sekolah diliburkan.

Bukan tanpa alasan mengapa guru-guru di Kerala tetap mengirimkan makanan gratis kepada anak-anak di sana. Menurut data yang ada, lebih dari 22 juta anak-anak di dunia mengandalakan subsidi makanan dari pemerintah.

Kegiatan antar makanan ini juga didukung oleh pemerintah India, yang memastikan bahwa mereka akan tetap memberikan subsidi makanan gratis untuk anak-anak di seluruh India selama masa 'lockdown' ini berlangsung.

Sekolah Diliburkan, Guru Tetap Kirimkan Makanan Gratis untuk Anak DidikFoto: Istimewa



Aksi para guru dan pemerintah India yang tetap memperhatikan anak-anak agar tidak kelaparan mendapat banyak pujian dari netizen.

"Selama sekolah diliburkan, pemerintah India akan tetap mengirimkan makan siang kepada anak-anak. Ini baru yang namanya pemimpin dan pelajaran yang bisa kita ambil dari Kerala," puji netizen @seshagiribv

"Saya menangis membaca berita ini. Di tengah kegilaan dan kekacauan yang disebabkan virus corona. Kerala memberikan semangat, kebahagiaan, dan kebaikan. Love you Kerala!" Tutur netizen @Fascismindia.

"Ini baru langkah yang tepat dalam menangani krisis dengan cara yang benar. Tidak seperti pemerintah Amerika Serikat," pungkas netizen lainnya.

Hingga saat ini terhitung ada 142,649 kasus virus corona di 135 negara. Dengan korban jiwa mencapai 5,393 di seluruh dunia.

Baca Juga: Dampak Virus Corona, Harga Nangka Muda Lebih Mahal Dari Ayam



Simak Video "Kangen dengan Pecel Sayur di Pasar Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)