Bangga! Rawon dan Soto Betawi Disajikan di Hotel Berbintang Malaysia

Agus Siswanto Siagian - detikFood Rabu, 11 Mar 2020 12:45 WIB
Kuliner Indonesia di Malaysia Foto: Agus Siswanto Siagian/dok. detikcom
Malaysia -

Hotel Berjaya Waterfront Johor Bahru Malaysia menghadirkan pilihan ratusan kuliner Indonesia. Menunya beragam seperti rawon daging, soto Betawi, hingga durian goreng.

Pada Selasa (10/3), Hotel Berjaya Waterfront Johor Bahru Malaysia menggelar "Selera Kampung Nusantara Ramadhan Food Preview 2020". Ratusan kuliner Indonesia akan memeriahkan menu ramadhan di hotel berbintang itu.

Bangga! Rawon dan Soto Betawi Disajikan di Hotel Berbintang MalaysiaFoto: Agus Siswanto Siagian/dok. detikcom


Acara ini dihadiri Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru Malaysia Sunarko, Kadis pariwisata Pemko Batam Ardiwinata, GM Hotel Berjaya Thomas Siew dan Surya selaku ketua Asosiasi Pariwisata Bahari Indonesia (Asphabri) provinsi Kepulauan Riau.

Sedikitnya ada 110 sajian kuliner dari berbagai daerah Nusantara ditampilkan di acara tersebut. Tentunya sajian ini dikelolah oleh seorang chef asal Indonesia yakni Janry Sihotang.

"Ada 110 masakan yang saya sajikan malam ini. Menu masakan yang kita jumpai di Indonesia, malam ini disajikan semua" ujar Janry Sihotang. Para pelaku usaha dari Malaysia dan Singapura turut hadir menikmati kuliner masakan selera kampung Nusantara.

Bangga! Rawon dan Soto Betawi Disajikan di Hotel Berbintang MalaysiaFoto: Agus Siswanto Siagian/dok. detikcom


Tanggapan positif diberikan Konjen RI untuk Malaysia, Sunarko. Ia mengatakan menyambut baik acara kuliner Indonesia di Malaysia, bahkan Konjen RI berharap acara ini terus digelar guna memanfaatkan hubungan baik kedua negara Malaysia dan Indonesia.

"Selain memperkenalkan budaya, kuliner masakan nusantara juga memberikan warna baru bagi masyarakat Malaysia. Demikian juga dengan warga negara Indonesia yang di Malaysia bisa menemukan masakan kampung, meski jauh dari kampung halaman," kata Sunarko.

Bangga! Rawon dan Soto Betawi Disajikan di Hotel Berbintang MalaysiaFoto: Istimewa


Disinggung soal mewabahnya virus corona (Covid-19) saat ini, Sunarko memastikan Malaysia masih aman dari dampak virus tersebut. Bahkan Konjen RI ini berharap hubungan Indonesia dan Malaysia khusus dibidang pariwisata terus meningkat dan tidak perlu takut berlebihan.

Di sela acara selera kampung nusantara ini, Ketua Asphabri Kepri turut memberi tanggapannya. Menurutnya hal ini patut diapresiasi karena kuliner Indonesia tampil di hotel berbintang di Malaysia. Bahkan menu tersebut menjadi menu favorit yang bisa ditemukan selama bulan ramadhan nanti di Malaysia.



Simak Video "Soto Betawi Masyhur di Pasar Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)