Mirip Rhoma Irama, Pedagang Ketoprak Ini Jualan Pakai Kostum Raja Dangdut

Devi Setya - detikFood Selasa, 10 Mar 2020 11:30 WIB
ketoprak soneta rhoma irama Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Sebagai penggemar berat Rhoma Irama, pedagang ketoprak yang satu ini secara total berdandan ala Raja Dangdut. Aksinya bikin banyak orang terhibur.

Seorang pria bernama Muklis ini sekilas tampak biasa saja. Hanya rambut gondrongnya yang kelihatan agak nyentrik. Tapi kalau Muklis sudah beraksi meracik ketoprak, semua orang pasti langsung tertarik melirik.

Ya, Muklis adalah penjual ketoprak yang mangkal di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Berbeda dengan penjual ketoprak lainnya, Muklis berani tampil nyentrik ala Raja Dangdut.

Mirip Rhoma Irama, Pedagang Ketoprak Ini Jualan Pakai Kostum Raja DangdutFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Baca juga : Heboh 'Sepupu' Anies Baswedan Jualan Nasi Goreng di Wonosobo


Saat Detikcom menghampiri Muklis, ia sedang bersiap merapikan dagangannya. Di depan gerobak terpampang foto Rhoma Irama yang dicetak dalam ukuran besar. Demikian juga di samping kanan kiri gerobaknya, ada foto Rhoma Irama dengan gaya khasnya sambil memegang gitar.

Muklis ternyata penggemar berat pedangdut yang akrab disapa Bang Haji Rhoma ini. "Saya sudah ngefans dari bayi. Suka sekali saya dengan Bang Haji Rhoma Irama," ujar Muklis kepada detikFood (10/3).

Saat gerobak dan aneka perlengkapan jualan sudah siap, Muklis kemudian menyetel musik yang tentu saja isinya lagu Rhoma Irama semua. Musik ini juga yang membuat banyak orang tertarik dan secara spontan melirik gerobak milik Muklis.

Ketoprak Soneta milik Muklis ini sudah mangkal di kawasan Cipinang sejak tahun 2017. Muklis berjualan setiap hari mulai pukul 19.00 hingga tengah malam.

Untuk menunjang penampilannya, pria ramah ini juga sengaja memanjangkan rambut serta jenggotnya. "Ini sengaja, biar mirip Bang Haji Rhoma. Rambut asli (keriting) dari sananya," ujar Muklis.

Mirip Rhoma Irama, Pedagang Ketoprak Ini Jualan Pakai Kostum Raja DangdutFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Karena punya tampilan nyentrik dan cara jualan yang unik, Muklis mengatakan banyak pembelinya yang memotret. Ada juga yang bahkan sampai minta foto bareng karena Muklis dianggap saudara Rhoma Irama.

"Saya lagi bikin banyak yang foto, video. Ada juga yang tanya, saudara Rhoma Irama ya? Saya bilang iya, saudara yang tersisihkan. Sambil bercanda gitu," beber Muklis diikuti tawa.

Baca juga : Penjual Makanan yang Disebut Mirip Syahrini Hingga Ahmad Dhani


Uniknya lagi, setiap akhir pekan Muklis akan berdandan ala Rhoma Irama. Ia mengenakan pakaian 'Raja Dangdut' yang lengkap dengan selendangnya.

Bukan hanya mengandalkan gaya nyentrik, Muklis juga meracik ketopraknya dengan 'serius'. Seporsi ketoprak berisi potongan lontong, tahu, tauge, bihun dan tentu saja bumbu kacang yang legit. Ketopraknya ini hanya dibanderol Rp 10.000 saja dan kalau paka telur jadi Rp 15.000.

Tertarik mencoba ketoprak racikan 'Rhoma Irama'? Datang saja ke Jalan Cipinang Pulo, Jakarta Timur tepatnya di depan SDN Cipinang Besar.



Simak Video "Gaya Nyentrik Rhoma Irama KW Jajakan 'Ketoprak Soneta'"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)