Cara Agar Kulkas Awet hingga Anak-Cucu

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikFood Senin, 09 Mar 2020 19:49 WIB
kulkas Foto: iStock
Jakarta -

Barang-barang elektronik tentunya wajib untuk kita rawat agar bisa bertahan lama. Salah satu barang elektronik yang dibutuhkan keberadaannya sehari-hari adalah kulkas. Untuk itu menjaga kulkas selalu prima penting agar menjaga makanan tetap segar.

Menjaga performa kulkas juga bisa dilakukan dengan menata makanan yang disimpan. Penataan ini penting agar kulkas bisa awet. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kulkas tetap rapi dan bersih secara manual adalah sebagai berikut, sebagaimana yang dikutip dari CNet.

Gunakan Tempat Penyimpan

Untuk menyimpan makanan berkuah atau makanan dengan bau yang tidak sedap, sebaiknya gunakan tempat penyimpanan makanan yang terbuat dari plastik. Selain menjaga kualitas makanan agar tetap fresh, tempat makanan juga bisa meminimalisir ruangan di dalam kulkas.

Hilangkan Barang Tidak Penting

Kebiasaan menaruh minuman atau makanan bekas yang sudah lama disimpan sebaik sedikit dikurangi. Karena justru itulah yang membuat kulkas cepat penuh dan malah membuatnya kotor. Oleh karena itu buanglah barang-barang yang tidak penting untuk disimpan di dalam kulkas.

Kategorikan Bagian Kulkas

Membuat kategori bagian di dalam kulkas, bisa mempercepat proses menaruh makanan. Hal itu juga membuat tata kelola makanan di dalamnya menjadi lebih rapi. Buatlah sisi-sisi penyimpanan tersendiri untuk setiap makanan yang ditaruh dalam kulkas.

Service Kulkasmu Secara Berkala

Jika dirasa kulkas tidak dingin lagi, lakukan pengecekan secara berkala untuk melihat kondisinya secara keseluruhan. Dengan melakukan pengecekan berkala, maka kulkas yang digunakan tidak akan cepat rusak.

Untuk melakukan pengecekan atau service kulkas, bisa menggunakan layanan Clean & Fix di aplikasi Grab. Dengan fitur Clean & Fix kamu bisa memanggil jasa service elektronik seperti kulkas, AC, dan juga mesin cuci.

(prf/ega)