Nggak Cuma Coto, Makassar Juga Punya Kuliner Favorit Ini

Angga Laraspati - detikFood Minggu, 08 Mar 2020 11:36 WIB
Grab Foto: Grab
Jakarta -

Kota Makassar dikenal sebagai kota yang mempunyai sajian kuliner yang menjadi favorit di masyarakat, sebutlah salah satunya Coto Makassar. Namun, nggak cuma Coto Makassar saja, ternyata Makassar juga punya sajian nikmat lainnya yang mantap dan nikmati yaitu Sop Saudara.

Bila ingin melakukan kegiatan travelling ke Makassar, cobalah untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Salah satu rekomendasinya ada di Jalan Wahidin Sudiro Husodo atau yang dulu sering dikenal dengan nama Jalan Irian. Ya, Sop Saudara Irian yang sudah bukan sejak tahun 70 tersebut adalah rekomendasi tepat untuk mencoba sajian khas Makassar ini.

Sop Saudara tahun ini sudah memasuki tahun ke 50nya eksis di dunia kuliner Indonesia. Buka selama 24 jam, sop ini punya rasa kuah yang berbeda dari sop yang biasa. Denger-denger, sop ini bisa juga buat memulihkan hangover lho! Karena abis lembur atau begadang. Menarik ya?

Makanan asli dari Pangkep ini, di dalam satu mangkuk sop berisi daging, hati, dan paru. Semuanya itu lalu diperkaya dengan laksa dan juga kentang goreng yang dibentuk bulat-bulat kecil. Dari semua isian tersebut, belum lagi ditambahkan dengan bihun yang membuat hidangan ini makin maknyus. Ditambahkan lagi dengan perasan jeruk nipis dan juga sambal yang akan membuat rasanya makin kaya.

Untuk rasa jangan ditanya! Berbagai pelancong sudah datang ke tempat ini dan Sop Saudara Irian mendapatkan ulasan yang bagus. Satu mangkuk Sop Saudara Irian berbeda dengan makanan berkuah lainnya di Makassar. Bila coto memakai kuahnya dengan kacang, sop saudara mempunyai kuah yang berbeda sehingga menghasilkan rasa yang lebih segar dan ringan.

Resepnya juga tak termakan usia lho. Bayangkan saja sekali seruput kuah sop ini muncul aroma dan kehangatan dari berbagai rempah. Satu sendok saja rasanya seperti hangatnya pelukan seorang ibu, bisa dibayangkan bagaimana rasanya?

Kuliner ini bisa didatangi di Jalan Wahidin Sudiro Husodo, Makassar dengan harga kurang lebih Rp 30 ribu per porsi. Kalau punya rencana mau datang ke tempat ini, langsung saja pesan GrabCar dan langsung bilang 'Sop Saudara Irian' dan mitra driver GrabCar akan langsung mengantar ke tujuan.

Kalau kamu mager tapi mau mencoba untuk makanan ini, langsung saja pesan di GrabFood dan nikmati kehangatan Sop Saudara Irian di rumah atau hotel.



Simak Video "Merasakan Jadi Kurir Antar Makanan Keliling Kota Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)