Orang Medan Doyan Makan, Ini Menu Laris Manis di GrabFood

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 27 Feb 2020 12:30 WIB
grabfood medan Foto: GrabFood Indonesia
Medan -

Kuliner Medan terkenal nikmat, mulai dari soto udang sampai kari bihun. Namun soal yang paling laris di GrabFood, menu inilah yang jadi juaranya.

Sejak 2017 Grab menjangkau salah satu kota besar di Indonesia, Medan. Jenis layanan yang ditawarkan bervariasi termasuk pesan-antar makanan atau dikenal GrabFood pada tahun 2018. Layanan ini ternyata sangat diminati karena kultur orang Medan yang pada dasarnya doyan makan.

Kepada detikFood (26/2), Andi selaku City Manager GrabFood Medan memberi pandangannya. "Orang Medan itu untuk makanan, nomor satu. Kulineran nomor satu banget. Orang mau keluarkan uang berapapun untuk makan," katanya. Ia mencontohkan, merek bubble tea laris di Jakarta yang baru masuk Medan, langsung menuai antrean panjang saat membuka cabang di ibu kota Sumatera Utara ini.

"Sebenarnya nggak cuma orang Medan yang doyan kulineran, orang Siantar juga. Mereka rela akhir pekan datang ke Medan hanya untuk makan. Padahal jarak Siantar ke Medan itu sekitar 2,5 jam ditempuh via tol," tambah Andi. Kehadiran GrabFood pun disambut sangat baik oleh orang Medan.

Orang Medan Doyan Makan, Ini Menu Laris Manis di GrabFoodFoto: GrabFood Indonesia


Baca Juga: Tak Puas Porsi Standar? Cobain Mie Ayam Jumbo di Medan Ini

Sejak dikembangkan tahun 2018, jumlah merchant yang terdaftar di GrabFood Medan naik sangat drastis. Selain itu, kontribusi GrabFood untuk kota Medan di tahun 2018 juga tercatat fantastis dengan total Rp 1,03 triliun.

Lantas apa menu favorit orang Medan yang dipesan via GrabFood? Terlepas dari banyaknya makanan enak seperti soto udang sampai kari bihun, ternyata olahan ayam lah yang jadi juara.

Orang Medan Doyan Makan, Ini Menu Laris Manis di GrabFoodFoto: detikFood


"Semua olahan ayam pasti dicari. Mungkin banyak orang terkejut tapi faktanya banyak banget orang (Medan) suka sama ayam dimanapun," tambah Pieter selaku Merchant Operation Grab Food Medan. Mulai dari ayam geprek, ayam penyet, ayam goreng, sampai olahan ayam luar negeri seperti fried chicken.

Menu lain yang juga diminati adalah nasi Padang. Andi menilai cita rasanya berbeda dengan di kota asalnya karena lebih kaya rempah. Ada Garuda hingga RM. Pondok Gurih yang selalu ramai diminati.

Tak ketinggalan camilan lokal yang biasanya dijadikan oleh-oleh seperti Bika Ambon Zulaikha dan Risol Gogo. Banyak turis memanfaatkan layanan GrabFood untuk membeli oleh-oleh populer ini agar terhindar dari antrean panjang.

Orang Medan Doyan Makan, Ini Menu Laris Manis di GrabFoodFoto: Istimewa


Setelah memiliki banyak merchant, GrabFood Medan ke depannya akan fokus merawat hubungan mereka dengan merchant-merchant yang sudah loyal. "Gimana caranya mereka bisa mengembangkan bisnis mereka. Juga agar pelanggan memiliki pengalaman yang bagus," tutur Andi.

Karenanya GrabFood terus mengembangkan fitur-fitur yang lebih memudahkan pelanggan. "Salah satunya soal ketersediaan menu yang bisa diubah 'tidak tersedia' oleh merchant. Semua sinkron nanti untuk memudahkan supir sampai pelanggan juga," tutup Andi.

Baca Juga: Bikin Ngiler, Cobain Martabak Berbumbu Italia dan Prancis



Simak Video "Merasakan Jadi Kurir Antar Makanan Keliling Kota Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)