Kabupaten Garut Akan Gelar Festival Bakso Aci yang Murah Meriah

Hakim Ghani - detikFood Selasa, 25 Feb 2020 13:19 WIB
festival bakso aci Festival bakso aci Foto: Dok. Panitia Festival Bakso Aci 2019
Garut -

Bupati Garut Rudy Gunawan mengklaim bakso aci merupakan olahan khas dari Kabupaten Garut. Festival bakso aci akan kembali digelar setiap tahun.

Bakso aci sendiri sangat dicintai masyarakat Garut. Bahkan, bulan Mei 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten Garut mendeklarasikan bahwa bakso aci adalah bakso yang berasal dari Garut.

"Bakso aci adalah kebanggaan masyarakat Garut," ucap Rudy kepada wartawan di kantornya, Selasa (25/2/2020).

Kabupaten Garut Akan Gelar Festival Bakso Aci yang Murah MeriahFestival bakso aci Foto: Dok. Panitia Festival Bakso Aci 2019

Rudy menjelaskan, untuk semakin memasyarakatkan bakso aci, Pemerintag Kabupaten Garut menggelar festival khusus bakso aci.
Festival itu digelar setiap tahun. Tahun lalu, festival bakso aci digelar untuk pertama kalinya. Festival yang sukses ini diikuti oleh 40 pedagang bakso aci.

"Tahun ini festival bakso aci digelar kembali. Kebetulan bertepatan dengan perayaan hari jadi Garut yang ke-207," katanya.

Baca Juga : Yuk, Ngebakso Aci yang Gurih Kenyal di 5 Tempat Ini!

Festival bakso aci yang kedua ini alan digelar di Pendopo Garut, Jalan Dewi Sartika, Garut Kota, 18-19 April mendatang. Dalam acara tersebut, ditagertkan akan diikuti oleh ratusan pedagang bakso aci dari berbagai daerah di Garut. Mereka akan saling bersaing menyediakan rasa terbaik.

Kabupaten Garut Akan Gelar Festival Bakso Aci yang Murah MeriahFoto: Dok. Panitia Festival Bakso Aci 2019

"Di sana masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan pedagang. Bisa jajan, dan bisa bawa pulang bakso aci," ucap Rudy.

Rudy berharap bakso aci dapat dilestarikan dan semakin dicintai masyarakat Indonesia. "Bakso aci ini unik, harganya murah tapi rasanya tidak muraham," tutup Rudy.

Kabupaten Garut Akan Gelar Festival Bakso Aci yang Murah MeriahFestival bakso aci Foto: Dok. Panitia Festival Bakso Aci 2019

Bakso aci sendiri merupakan olahan bakso yang berbahan dasar dari tepung tapioka. Biasanya, bakso aci berisikan daging ayam cincang atau gajih. Varian bakso non daging sapi ini harganya relatif murah tetapi cukup mengenyangkan.

Ada banyak bakso aci terkenal, berasal dari Garut yang bahkan sangat mendunia. Di antaranya adalah bakso aci Kalimanjaro dan Bakso Aci Ceu Imas.

Baca Juga : Gurih Hangat Baso Aci Rp 15 Ribu Ada di Sini



Simak Video "Mejikuhibiniu! Imutnya Bakso Aci Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)