1359 Porsi Ketan Kratok Probolinggo Pecahkan Rekor MURI

M. Rofiq - detikFood Selasa, 25 Feb 2020 06:58 WIB
ketan kraton pecahkan rekor muri Foto: detikcom
Probolinggo -

Ketan kratok khas Probolinggo akhirnya pecahkan rekor museum rekor Indonesia. Sebanyak 1359 porsi ketan keratok berhasil disajikan.

Pemecahan rekor MURI ketan kratok ini dilakukan dalam acara Probolinggo Food Festival selama 3 hari ini. Digelar di Bee Jay Bakau Resort, di areal Pelabuhan Perikanan Mayangan, Kota Probolinggo.

Sajian ketan kratok merupakan jajanan tradisional khas Probolinggo yang biasanya disantap sembari minum kopi. Terbuat dari ketan putih yang dikukus lalu ditaburi kacang kratok dan kelapa parut serta dikucuri saus gula merah. Selain di Probolinggo, ketan kratok juga bisa ditemukan di Nusa Tenggara Timur.

1359 Porsi Ketan Kratok Probolinggo Pecahkan Rekor MURIFoto: m.rofiq/detikcom



Senior Manager Rekor MURI, Ariani Siregar mengatakan, ketan keratok tembus rekor MURI setelah jumlah yang disajikan lebih dari 1359 piring. Dibutuhkan 100 kg ketan putih, 100 kg kacang kratok, 150 kg gula merah dan 50 bungkus santan bubuk. Pembuatan ketan kratok dengan jumlah ribuan, menjadi sejarah tersendiri bagi panitia Probolinggo Food Festival dan Dinas Pariwisata Kota Probolinggo.

"Setelah kami hitung, jumlahnya ada 1450 piring atau melebihi target, jadi kita catat rekor dunia sajian Ketan Keratok terbanyak," terangnya, Senin (24/02/2020).

Panitia Probolinggo Food Festival , Yuda Mangintung mengatakan, masak ketan keratok hingga tembus rekor MURI adalah cara memperkenalkan serta mempopulerkannya ke masyarakat luas.

1359 Porsi Ketan Kratok Probolinggo Pecahkan Rekor MURIFoto: m.rofiq/detikcom



Ketan keratok merupakan kuliner khas Probolinggo yang umumnya hanya ada di lapak-lapak pedagang kaki lima. Melalui rekor MURI, ketan kratok bisa jadi salah satu menu favorit di hotel-hotel atau restoran yang ada di Probolinggo.

"Kami harap lewat rekor MURI ini, kuliner ketan kratok mendapat atensi lebih baik dari masyarakat, dan dijadikan ikon kuliner di restoran, kafe dan hotel - hotel, " tutupnya.

Sementara salah seorang pengunjung festival, Wati mengaku senang sekali adanya masak besar ketan kratok. Ia berharap festival ketan kratok, bisa digelar setiap tahunnya.

"Bagus acaranya dan menarik, semoga tahun depan bisa ada lagi. Ya terima kasih juga, bisa makan gratis," ungkapnya.



Simak Video "Nasi Pincuk Ayam Lodho Suwir dari Tulungagung Pecahkan Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)