Rencana Buwas Bangun Sekolah untuk Lahirkan Banyak Ahli Kopi

Puti Yasmin - detikFood Rabu, 19 Feb 2020 13:30 WIB
kopi jenderal Kopi jenderal Foto: dok. detikFood / Puti Yasmin
Jakarta -

Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) berencana membangun sekolah untuk melahirkan ahli kopi di Indonesia. Sebab, ia menilai kopi memiliki nilai ekonomi yang luar biasa.

Menurut rencana Buwas membuka tempat pelatihan di setiap provinsi. Hanya saja, untuk tahap pertama ia akan membuka sekolah sekaligus kedai kopi di Bandung, Jawa Barat.

"Sebenarnya tujuan saya bukan pure bisnis. Jadi saya ingin bangun sekolah kopi untuk didik generasi muda ahli kopi karena punya nilai luar biasa. Insya Allah setiap provinsi mau buat tempat pelatihan kopi," kata dia di sela-sela Grand Opening Kopi Jenderal di Lobby Kantor Utama Bulog, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Rencana Buwas Bangun Sekolah untuk Lahirkan Banyak Ahli KopiKopi Jenderal Foto: dok. detikFood / Puti Yasmin

Buwas menjelaskan pelatihan kopi yang dilakukan berupa cara memetik, mengupas, menjemur, hingga roasting kopi. Peserta juga akan diajarkan cara merawat pohon kopi hingga sesuai standarnya.

Untuk pengajarnya, Buwas akan mendatangkan spesialis ahli kopi dari Italia. Dengan begitu, ia berharap anak muda Indonesia bisa memiliki keahlian seperti dirinya.

Baca Juga : Genap Berusia 60 Tahun, Buwas Perkenalkan 'Kopi Jenderal'

"Sementara ini masih terbatas, masih ruangan kecil. Dosennya, ahli kopi Italia barista jadi anak-anak muda bisa terlatih," jelas dia.

Rencana Buwas Bangun Sekolah untuk Lahirkan Banyak Ahli KopiKopi jenderal Foto: dok. detikFood / Puti Yasmin

Buwas sendiri telah memiliki racikan kopi sendiri bernama 'Kopi Jenderal'. Keahliannya tersebut didapat dengan belajar secara otodidak hingga ke Eropa.

Saat ini ia telah membuka kedai 'Kopi Jenderal' pertamanya di lobby Kantor Pusat Bulog. Kopi tersebut dibanderol dari harga Rp 160.000 per 200 gram untuk kopi bubuk dan Rp 30.000 untuk kopi langsung minumnya.

Baca Juga : Ini 5 Kopi Termahal Di Dunia dengan Harga Fantastis



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com